Sebelum Mudik, Cek Dulu 11 Hal Ini di Mobilmu

Millens, bila kamu mau mudik dengan menggunakan mobil pribadi, perhatikan beberapa hal ini supaya perjalananmu lancar. Yuk, simak ulasannya.

Sebelum Mudik, Cek Dulu 11 Hal Ini di Mobilmu
Mengecek mobil sebelum mudik akan membantu kelancaran dan kenyamanan saat berkendara. (Tempo.co)

Inibaru.id – Salah satu hal yang paling ditunggu saat Lebaran adalah momen berkumpul bersama keluarga. Karena itu, nggak jarang para perantau selalu mudik ke kampung halaman bila Idul Fitri tiba. Nah, bila kamu bermaksud menggunakan mobil saat mudik, pastikan beberapa hal ini sudah kamu cek ya, Millens. Berikut 11 hal yang harus dicek sebelum mudik.

  1. Radiator

Pastikan radiator mobilmu terjaga kebersihannya. (Rgi-service.go.id)

Sebelum mudik, kamu harus memastikan radiator mobilmu dalam kondisi yang baik. Berfungsi sebagai penampung dan tempat cairan didinginkan, kondisi radiator harus benar-benar dijaga dan dirawat. Untuk bagian luarnya, pastikan kotoran nggak menyumbat kisi-kisi tipis yang berfungsi sebagai jalur keluar masuknya angin.

Sementara untuk bagian dalamnya, kamu perlu menguras dan mengganti air secara teratur. Penggantian dan pengurasan ini penting karena akan menghambat karat yang bisa mengganggu cara kerja sistem pendingin. Periksa pula selang radiator dan segera ganti jika sudah mengembang, daya tahannya menurun, atau sobek.

  1. Selang Bensin

Cek kondisi filter dan selang bensin. (Otodiy.blogspot.com)

Jika kamu rutin melakukan servis, biasanya filter bensinmu nggak akan mengalami masalah tersumbat. Selain filter, kamu juga perlu memastikan selang bensinmu nggak retak dan bocor, ya.

  1. Oli Mesin

Ganti oli mobilmu. (Dr-oto.com)

Bila mobilmu sudah menempuh jarak sekitar 5-7 ribu km, sebaiknya kamu mengganti oli supaya komponen mesinnya terjaga. Cek volume oli dengan memeriksa level pada stik oli. Pastikan level oli ada di garis antara tanda L dan F. Jika kurang dari level itu, tambahkan lagi secukupnya.

Eits, tapi jangan buang oli bekasmu sembarangan, ya. Oli termasuk dalam zat kimia yang berbahaya sehingga kamu harus membuangnya dalam wadah yang tertutup rapat di tempat penampungan seperti bengkel.

  1. Kipas Pendingin atau AC

Kipas pendingin radiator mobil. (Jip.gridoto.com)

Jika kipas pendingin di mobilmu diputar oleh belt, pastikan kondisi fisik belt nggak retak. Selain kondisi fisiknya, cek pula ketegangannya supaya bisa berputar secara optimal.

Untuk mengetahui apakah kipas pendingin masih berjalan normal, kamu bisa memerhatikan jarum penunjuk temperatur. Jika jarum melebihi garis tengah, itu berarti mesin cukup panas tetapi masih aman. Jika lebih dari setengahnya, hentikan dulu penggunaannya dan tunggu hingga mesin mobil dingin sebelum kamu memeriksanya.

  1. Saringan Udara

Cek saringan udara pada mobil. (Youtube.com)

Mobil yang telah menempuh jarak sekitar 10 ribu km sebaiknya perlu mengganti air filter pada mobil. Air filter idealnya dibersihkan sebelum menempuh perjalanan jauh.

  1. Rem

Cek rem mobil. (Oto.com)

Nggak berfungsinya rem sering menjadi penyebab terjadinya kecelakaan. Oleh karena itu, kamu perlu mengecek apakah ada kebocoran pada selang dan master rem. Periksa bagian dalam velg apakah ada yang basah karena itu menjadi indikator kebocoran silinder roda. Untuk merawat rem, kamu perlu mengganti onderdilnya. Onderdil rem jenis cakram biasanya lebih mahal dan lebih rumit dibandingkan onderdil rem jenis tromol.

  1. Lampu

Pastikan lampu mobil berfungsi dengan baik. (Depoindonesia.com)

Sebelum mudik, cek dulu kondisi lampu mobilmu. Pastikan lampu mobilmu berfungsi dengan baik. Lampu sangat berguna untuk menerangi jalanan yang gelap pada malam hari.

  1. Ban

Pastikan ban mobilmu dalam keadaan bagus. (Moneysmart.id)

Pastikan ban mobilmu dalam keadaan baik. Kondisi ban yang baik akan mempengaruhi kenyamananmu berkendara. Cek juga tekanan udara dalam ban. Tekanan udara ban yang normal sekitar 30-34 psi. Oh iya, cek juga ban cadangan yang kamu bawa ya, Millens. Ini dapat memudahkanmu menganti ban secara mandiri saat ban mobilmu bermasalah di jalan Tol yang jauh dari bengkel.

  1. Wiper

Pastikan wiper berfungsi. (Carvaganza.com)

Pada musim penghujan, wiper akan sangat berguna karena sifatnya yang mampu menyerap air. Akan tetapi, karet wiper juga rentan terhadap perubahan cuaca. Untuk merawat wiper, kamu perlu mengelap bagian pinggirnya karena pada bagian tersebut ada lapisan kimia yang berfungsi menjaga elastisitasnya.  Untuk membersihkannya, gunakan cairan khusus dan perhatikan pula poros dan semprotan wiper.

  1. Timing Belt

Cek timing belt. (Mivecblog.com)

Jika timing belt telah digunakan sejauh 50 ribu km, sebaiknya segera ganti dengan yang baru. Jika nggak segera diganti, performa mesin akan menurun bahkan mesin mobilmu akan mati total.

  1. Baterai Aki

Cek baterai aki. (Masrawy.com)

Satu lagi yang perlu dicek sebelum mudik adalah baterai aki. Untuk merawat baterai aki kutub, kamu perlu membersihkan kerak dan kotoran yang menempel. Periksa pula level air aki dan hindari menggunakan air aki yang dicampur dengan air zuur (H2S04) agar kualitasnya tetap terjaga.

Nah, kalau ke-11 komponen tadi sudah dicek dan diperbaiki, mudikmu bakal aman dan nyaman, Millens. Selamat mudik. (IB15/E04)