Sebelum Mengisi Angin, Ketahui Dulu Tekanan Ban Motor yang Ideal

Memompa ban motor itu nggak boleh asal-asalan, lo. Ini tekanan ideal untuk ban motormu.

Sebelum Mengisi Angin, Ketahui Dulu Tekanan Ban Motor yang Ideal
Tekanan ban motor yang ideal. (Sieuthidochoioto.vn)

Inibaru.idMillens, pernah merasa nggak nyaman saat mengendarai motor? Bisa jadi, banmu yang jadi sumber masalahnya. Sebelum buru-buru membawanya ke bengkel, sebaiknya cek dulu apakah tekanan banmu sudah ideal atau belum.

Perlu kamu tahu, standar ideal tekanan ban ini nggak sama, lo. Jenis motor turut pula mempengaruhi standar itu. Untuk motor bebek dan matik, idealnya ban depan bertekanan 28-30 Psi, sedangkan ban belakang bertekanan 33-34 Psi. Sementara untuk motor sport, idealnya ban depan punya tekanan 30 Psi dan ban belakang 34 Psi seperti dilansir dari Gridoto.com (12/7/2017).

Sebagai informasi, Psi merupakan singkatan pounds per square. Dalam bahasa Indonesia, kata ini berarti per inchi persegi.

Nah, tekanan ban perlu disesuaikan dengan standar itu, Millens. Tekanan yang nggak sesuai akan berpengaruh pada kendali serta ketahanan banmu.

Tekanan yang terlalu rendah bakal bikin banmu cepat rusak, cepat aus, sekaligus membuat tarikan motor lebih berat. Ini secara otomatis membuat motormu boros bahan bakar. Kalau sudah gini, mau nggak mau dompetmu juga terkena imbasnya, kan?

Sementara itu, jangan pula mengisi ban dengan tekanan tinggi. Tekanan yang tinggi mengakibatkan daya cengkeram banmu pada jalan akan menurun. Penurunan performa ini terjadi karena nggak seluruh permukaan ban menapak ke jalan. Kalau sudah begitu, kamu pun bakal mudah terjatuh atau tergelincir. Duh, ngeri ya!

Oh iya, supaya banmu lebih awet, usahakan jangan parkir dengan standar samping ya. Kebiasaan ini rupanya bisa membuat banmu cepat aus karena langsung menapak tanah. Selain itu, hindari pula menjemur motor terlalu lama. Kalau kamu menerapkan tips-tips kecil ini, ketahanan ban motormu pun bisa berlangsung lebih lama. Selamat mencoba, Millens. (IB15/E04)