Puluhan Mobil dan Motor Mewah di Filipina Dihancurkan

Puluhan Mobil dan Motor Mewah di Filipina Dihancurkan
Sekitar 68 mobil sport mewah termasuk Lamborghini, Mustangs, dan Porsche dihancurkan Lembaga Antikorupsi Filipina. (EPA/Mark R Cristino)

Lembaga Antikorupsi Filipina melakukan penghancuran mobil mewah hasil selundupan pada Senin (30/7/2018). Aksi ini disaksikan secara langsung Presiden Filipina Rodrigo Duterte.

Inibaru.id - Sekitar 68 mobil dan motor mewah hasil selundupan di Filipina dihancurkan dengan mesin buldoser di Provinsi Cagayan, Senin (30/7/2018). Sejumlah mobil dan motor mewah itu di antaranya Lamborghini, Mustangs, dan Porsche. Penghancuran barang selundupan yang dilakukan Lembaga Antikorupsi Filipina ini disaksikan langsung Presiden Filipina Rodrigo Duterte.

Penghancuran tersebut merupakan salah satu langkah untuk memerangi kejahatan penyelundupan kendaraan yang masih terjadi di Filipina. Hal ini sekaligus menjadi bagian dari gerakan antikorupsi yang dilakukan Presiden Duterte.

Sebelum penghancuran, Duterte mengaku nggak akan sanggup memberantas korupsi dan penyelundupan di masa pemerintahannya. Namun, pembuldoseran mobil ini adalah sesuatu yang sangat penting sebagai bagian dari rencananya.

"Penghancuran mobil mewah tersebut dimaksudkan untuk menunjukkan kepada rakyat Filipina bahwa negeri ini tempat investasi dan menentang importir ilegal," ungkap Duterte.

Tempo.co, Rabu (1/8), menulis, mobil-mobil yang dihancurkan ini diperkirakan bernilai sekitar 298 juta peso atau sekitar Rp 81 miliar. Hal ini bukan hal baru pada pemerintahan Duterte. Pada Februari 2018 lalu, dia juga memerintahkan penghancuran puluhan mobil sport dan kendaraan mewah seperti Jaguars, BMWs, dan Corvette Stingray senilai Rp 16 miliar di Manila, Filipina. (MG12/E04)