Lebih Baik Velg Jari-Jari atau Velg Bintang Ya?

Lebih Baik Velg Jari-Jari atau Velg Bintang Ya?
Velg Jari-jari dan velg palang. (Federaloil.co.id)

Ketika membeli sepeda motor, jenis velg menjadi pertimbangan untuk sebagian orang. Hm, lebih baik mana ya velg jari-jari atau velg bintang?

Inibaru.id – Jenis velg merupakan salah satu pertimbangan para pembeli saat hendak memilih motor. Ini karena setiap jenis velg memiliki fungsi yang berbeda. Jadi, pembeli hendaknya memilih velg yang sesuai dengan kebutuhannya.

Selama ini ada dua jenis velg di Indonesia yakni velg jari-jari dan velg bintang. Velg jari-jari (spoke wheel) diklaim mampu meredam guncangan lebih baik sehingga mampu membantu kinerja suspensi saat melewati jalan yang rusak. Banyaknya ruas-ruas jari yang menopang bobot kendaraan membuat velg lebih kuat melintasi jalan yang tak rata.

Selain itu, bahan besi pada velg jari-jari memiliki sifat yang lebih elastis dan daya tekan menyebar ke seluruh bagian velg. Karena itu, velg jenis ini sering digunakan pada motor jenis trail, dual sport maupun adventure.

Velg ini juga relatif mudah diperbaiki, lo. Namun, velg jari-jari sedikit sulit dibersihkan karena terkadang kotoron menempel pada celah persilangan jerujinya sehingga dapat menyebabkan korosi.

Hal lain yang menjadi kekurangan velg jenis ini adalah kurang stabil dalam kecepatan tinggi. Bobot velg jari-jari juga lebih berat ketimbang velg bintang. Beberapa di antaranya kemudian mengakalinya dengan  menggunakan bahan magnesium alloy agar terasa lebih ringan, tapi tetap kuat.

Sementara itu, velg palang (cast wheel) memiliki kekakuan yang lebih baik ketimbang velg jari-jari. Velg jenis ini juga memberikan kemudahan saat penggantian ban, serta memungkinkan menggunakan ban tubeless. Pembuatan velg ini pun cukup mudah.

Secara umum, velg jenis ini  memiliki kestabilan ketika digunakan dengan kecepatan tinggi. Karena itu, velg palang sering digunakan untuk motor berkecepatan tinggi maupun motor balap yang melalui jalan aspal yang rata.

Kebalikan dengan velg jari-jari, velg palang lebih mudah dibersihkan, tapi sulit diperbaiki ketika sudah bengkok atau patah. Jadi, ketika sudah mengalami velg bengkok atau patah, solusinya harus mengganti dengan yang baru.

Soal harga, vleg bintang lebih mahal daripada vleg jari-jari. Ini karena velg bintang memiliki lebih banyak kelebihan seperti ringan dan bisa menggunakan ban tubeless atau tidak menggunakan ban dalam.

Hayo, jadinya pilih yang mana nih, Millens? Apapun pilihanmu, jangan lupa sesuaikan dengan kebutuhan dan tentunya bujet yang kamu patok. (IB07/E04)