Cari Masjid yang Bisa Berpindah-pindah? Ada kok!

Cari Masjid yang Bisa Berpindah-pindah? Ada kok!
Acara Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2018 pada Minggu (12/8/2018) di Indonesia Convention Exhibtion (ICE), BSD City, Tangerang Selatan menghadirkan Mobile Masjid. (Medcom.id/Ekawan Raharja)

Ketiadaan masjid atau musala di suatu tempat kerap menjadi kendala bagi muslim saat berkunjung ke tempat tertentu. Namun, dengan adanya Mobile Masjid dari Yayasan Masjid Nusantara (YMN), umat Islam di Indonesia nggak perlu khawatir lagi.

Inibaru.id – Indonesia merupakan negara dengan pemeluk agama Islam terbesar di dunia. Nggak heran kalau banyak masjid yang bisa kamu temui di sini. Kendati begitu, masih ada beberapa gedung atau fasilitas terbuka yang belum menyediakan fasilitas tempat ibadah itu.

Hal ini kerap menjadi kendala bagi seorang muslim yang berkegiatan di tempat tersebut. Bila waktu salat tiba, mereka harus keluar dan mencari masjid atau musala terdekat.

Berawal dari permasalahan itu, Yayasan Masjid Nusantara (YMN) berinisiatif membuat Mobile Masjid untuk memfasilitasi umat muslim beribadah di lokasi-lokasi yang jauh dari masjid.

Mobile Masjid kali pertama diluncurkan pada 16 Juni 2015 di Bandung. Mobil ini diinisiasi Muhammad Sobirin dari Yayasan Masjid Nusantara. Dia memanfaatkan mobil Mitshubisi Fuso Colt Diesel FE 71 untuk dimodifikasi menjadi "Masjid Berjalan".

Mobil yang didesain sedemikian rupa ini bisa mengakomodasi sekitar 50 umat Islam sekaligus untuk salat.

"Isinya biasa, ada peralatan salat, karpet, hingga tempat wudu. Satu kali salat bisa menampung 50 orang, kemudian tangki air ada sekitar 500 liter dan bisa untuk ratusan orang berwudhu," ungkap Divisi Program Masjid Nusantara Firman Muhammad seperti dilansir dari Medcom.id, Minggu (12/8/2018).

Hingga saat ini, sudah ada dua Mobile Masjid yang berlokasi di Bandung. Firman menjelaskan Mobile Masjid itu bisa disewa di mana saja dengan donasi seikhlasnya. Khusus untuk wilayah di luar Bandung, penyewa bisa menyesuaikan ongkos transportasinya.

Yap, seperti pada acara Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2018 di Indonesia Convention Exhibtion (ICE), BSD City, Tangerang Selatan beberapa waktu lalu, Mobile Masjid hadir dalam acara tersebut.

Wah, asyik nih nggak perlu lagi muter-muter cari masjid atau musala untuk salat. (MG12/E04)