Melawan Arus, Rombongan Moge Dikecam Warga

Yogyakarta dihebohkan dengan rombongan pengendara motor gede yang melawan arus. Begini reaksi bikers Yogyakarta.

Melawan Arus, Rombongan Moge Dikecam Warga
Screenshot saat rombongan moge melawan arus di lingkar barat Yogyakarta. (Inibaru.id/Dimas DJ)

Inibaru.id - Aksi rombongan pengendara Harley Davidson yang melawan arus di lingkar barat Yogyakarta membuat geram warga setempat pada Jumat (2/3/2018). Video aksi lawan arus tersebut kemudian diunggah ke grup Facebook Info Cegatan Jogja dan segera viral di media sosial hingga menuai kecaman warganet sebelum akhirnya dihapus.

Menanggapi hal tersebut, pencinta motor gede (moge) yang tergabung dalam komunitas Bikers Yogyakarta mengonfirmasi bahwa rombongan itu bukanlah bagian dari komunitas asal Kota Pelajar tersebut. Mereka justru sangat menyayangkan tindakan para pengendara moge tersebut.

Anggota Bikers Yogyakarta Yonnaldo Sipahelut memastikan, berkendara dengan melanggar aturan lalu lintas tidak mencerminkan budaya para pengendara sepeda motor di Yogyakarta.

Baca juga:
26 Tim Mahasiswa Ikuti Ajang Bergengsi
Makin Mudah, SIM yang Sudah Jadi Kini Bisa Diantar ke Rumah!

"Jujur kita welcome kepada saudara-saudara bikers dari luar daerah, baik itu mesin cc besar atau kecil, baik yang hanya melintas atau punya hajat di Yogya. Tapi gini lo, tolong hargai budaya dan masyarakat setempat serta utamakan aturan lalu lintas," tuturnya, seperti ditulis Detik.com, Senin (5/3).

Dino Avinsa yang juga salah seorang pemotor Bikers Yogyakarta mengatakan, pihaknya telah mencoba mengklarifikasi ke pihak kepolisian karena beredar informasi rombongan itu dikawal polisi. Polisi juga disebut memberikan izin kepada mereka untuk melawan arus.

"Kita sudah coba hubungi kepolisian, dijawab tidak ada arahan dari petugas dan tidak ada pengawalan. Secara etika, melawan arus itu salah dan melanggar aturan. Hal itu berbahaya bagi pengendara yang bersangkutan maupun pengendara lain," jelas Dino. 

Sementara, penanggung jawab transit pengendara moge di Yogyakarta dari Roadglide Owners Group, Adi Satri Pambudi menjelaskan, rombongan moge dari luar daerah memang dijadwalkan transit dan menginap di salah satu hotel di Yogyakarta pada Jumat (2/3) malam dan sisanya langsung ke Solo. Kemudian pada Sabtu (3/3) pagi mereka berangkat menuju lokasi acara di Solo.

Baca juga:
Menunggu Industrialisasi (Prototipe) Bus Listrik yang Digagas Moeldoko
Komentator" MotoGP Asal NTT Disambangi Yamaha

Saat ini belum ada klarifikasi dari pihak pengendara moge yang melawan arus. Namun, pihak Bikers Yogyakarta mewakili para bikers memohon maaf kepada masyarakat atas kejadian itu. Mereka juga berharap kejadian ini nggak terjadi lagi.

Betul tuh, Millens. Menaati aturan lalu lintas itu wajib karena nggak hanya kamu yang pengin nyaman saat berkendara. Orang lain kan juga mau mendapatkan kenyaman yang sama! (TRA/IF)