Lampu Motormu Gampang Putus? Begini Cara Merawatnya!

Lampu Motormu Gampang Putus? Begini Cara Merawatnya!
Lampu motor (Piah.com)

Lampu motormu sering mati? Coba ikuti tips merawat lampu motor berikut.

Inibaru.id – Lampu depan adalah salah satu bagian yang paling vital pada sepeda motor. Tanpa lampu depan, pengendara tentu kesulitan melewati medan tertentu, terutama pada malam hari. Namun, lampu depan sangat riskan dengan kemungkinan mengalami putus lampu.

Lampu yang kerap putus biasanya diakibatkan lemahnya regulator rectifier atau kiprok. Kiprok berfungsi sebagai penahan sekaligus penstabil aliran listrik yang berasal dari spul sebelum diteruskan ke aki. Untuk mendeteksi apakah kiprok mulai lemah, kamu bisa melakukannya dengan cara memerhatikan apakah sinar lampu meredup, mengecek apakah aki mengecas, atau menggunakan voltmeter untuk mengukur arus tegangan yang menunjukkan apakah kiprok berfungsi. Kalau kamu nggak paham, cobalah minta bantuan anggota keluarga atau teman yang paham motor.

Lalu, gimana caranya merawat sistem kelistrikan di motor supaya awet? Pertama, kamu harus mengecek aki secara rutin. Jika aki sudah soak, kiprok nggak bisa lagi menyimpan listrik. Kalau sudah begitu, nggak hanya lampu motor yang terkena dampaknya, klakson motormu juga nggak berbunyi, Millens.

Nah, agar aki nggak cepat soak, kamu harus rajin untuk mengecek volume air akimu. Jika kamu merawatnya dengan benar, aki bisa digunakan hingga dua tahun, lo. Hm, lumayan kan bisa menghemat uang untuk beli aki. He-he.

Selain aki, cek pula apakah kabel-kabel di motormu posisinya turun, masih tersambung, atau apakah pembungkusnya robek. Jika ada yang rusak atau aus, segera ganti dengan kabel yang asli dan berkualitas.

Terakhir, rawatlah generator atau sepul dengan rutin mengecek kondisi oli mesin. Jangan biarkan oli di bawah ambang batas karena mesin akan mengalami panas berlebih dan membuat lilitan kawat tembaga pada sepul hangus. Jadi, jangan lupa jadwal servis motormu ya, Millens.

Hayo, mulai sekarang perhatikan hal-hal tersebut agar lampu motormu nggak cepat putus ya. Jangan cuma hubunganmu dengan si dia aja yang dijaga biar nggak putus. Ups! (IB15/E04)