Bus yang Kamu Tumpangi dalam Kondisi Darurat? Lakukan Hal-Hal Berikut

Bus yang Kamu Tumpangi dalam Kondisi Darurat? Lakukan Hal-Hal Berikut
Tips menghadapi situasi darurat di bus. (Tothesource.org)

Setiap alat transportasi memiliki risiko kecelakaan di jalan raya, begitu juga dengan bus. Nah, tips-tips berikut bisa kamu lakukan bila terjadi kondisi darurat pada bus yang kamu tumpangi.

Inibaru.id – Kecelakaan bus di jalur Cikidang-Palabuhanratu Sukabumi yang menewaskan 21 orang beberapa waktu lalu menambah panjang deretan kecelakaan bus. Kondisi jalan yang berliku dan menanjak tajam serta kurang piawainya sopir bus diduga menjadi faktor penyebab terjadinya kecelakaan tersebut.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan semacam itu. Beberapa di antaranya yakni memilih bus yang sudah lolos uji KIR ataupun mengurangi kecepatan saat menikung. Namun, kalau kamu sudah terlanjur berada di dalam bus yang membahayakan seperti itu, gimana dong?

Jangan panik! Kamu bisa menerapkan beberapa tips berikut bila bus yang kamu tumpangi dalam kondisi darurat.

Tetap Berpikir Jernih

http://www.mscareergirl.com/wp-content/uploads/2016/08/worried-640x400.jpg

Tetap berpikir jernih. (Mscareergirl.com)

Dalam keadaan darurat, sering kali seseorang nggak bisa berpikir jernih. Rasa cemas mendorong mereka untuk melakukan sesuatu yang justru membahayakan keselamatan mereka. Jadi, jangan panik dan cobalah berpikir jernih. Pertimbangkan langkah-langkah yang bakal kamu ambil.

Oh iya, risiko keselamatan bus nggak hanya karena kecelakaan, ya. Ada banyak faktor yang bisa menempatkan bus dalam kondisi darurat seperti perampokan atau pembegalan bus. So, berpikir jernih itu penting untuk menentukan langkah yang tepat, Millens.

Temukan Pintu Keluar

https://mcdougallbay.com/images/repository/%7BFE6EB99C-7033-49A0-9101-EAE16A016386%7D/2014/smallIMGP6065.JPG

Cari pintu keluar. (Mcdougallbay.com)

Hal kedua yang perlu kamu lakukan yakni mencari pintu keluar terdekat. Selain pintu depan dan belakang, bus biasanya memiliki pintu darurat. Kamu bisa memanfaatkan pintu itu.

Kalau semua pintu nggak memungkinkan untuk dilewati, coba manfaatkan atap bus. Ambillah tuas penarik untuk membuka atap bus. Tuas penarik biasanya ada di kursi penumpang baris pertama.

Gunakan Alat Darurat

https://10ogrw491e767dy8l31nzlo9-wpengine.netdna-ssl.com/wp-content/uploads/2017/06/fire.jpg

Pelajari cara menggunakan alat darurat. (Compli.com)

Bila pintu darurat dan atap nggak bisa diakses sama sekali, kamu bisa menggunakan palu pemecah kaca. Alat satu ini biasanya ditempel di besi kaca bus sehingga bisa dengan mudah ditemukan.

Sementara itu, bila kamu melihat titik api menyala di dalam bus, segera cari alat pemadam kebakaran (APAR). Jika sudah ketemu, langsung semprotkan zat pemadam ke titik api. Cara menggunakannya, cukup tarik pin pengaman dan arahkan mulut pipa ke api, kemudian tekan tuas APAR dan semprotkan zat pemadam ke titik api.

Itulah yang bisa kamu lakukan bila kamu menemui keadaan darurat dalam bus, Millens. Ingat, jangan panik dulu, carilah jalan keluar yang tepat. (IB15/E04)