Cari Kacamata untuk Berkendara? Ini Tips Memilihnya

Cari Kacamata untuk Berkendara? Ini Tips Memilihnya
Kacamata untuk berkendara (Acuranews.com)

Cahaya matahari yang menyilaukan kerap kali menganggu pengendara sepeda motor. Kalau sudah begitu, kacamata bisa jadi barang yang tepat untuk digunakan.

Inibaru.id - Paparan cahaya matahari yang menyilaukan kerap kali mengganggu para pengendara sepeda motor. Apalagi bila jalan yang dilewati membuatmu berhadapan dengan matahari, ini membuat sebagian pengendara nggak nyaman.

Selain itu, debu yang beterbangan di jalan juga bisa membuat matamu iritasi, Millens. Kalau sudah begini, pemakaian kacamata adalah pilihan yang pas. Eits, tapi nggak semua kacamata bisa melindungimu saat berkendara. Ada sejumlah fitur yang memang dirancang khusus pada kacamata pengendara.

Berikut beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih kacamata untuk berkendara.

Fitur UV Protection

Sinar UV (Ultraviolet) yang berasal dari matahari memang memiliki dampak berbahaya bagi kesehatan mata. Ini sebabnya, kamu harus melindungi mata dengan memakai kacamata yang memiliki fitur UV protection. Kamu bisa menemukan kacamata ini dengan melihat label “Progressive Lenses" di bodi kacamata.

Lensa Terpolarisasi

Cahaya yang menyilaukan mata bisa menjadi salah satu penyebab risiko kecelakaan. Nah, kacamata yang memiliki lensa terpolarisasi (polarized lenses) perlu untuk kamu gunakan. Kacamata dengan lensa terpolarisasi dapat membantu menghilangkan efek menyilaukan dan mengurangi kelelahan mata yang kamu alami.

Warna Lensa

Pemilihan warna lensa juga menjadi pertimbangan khusus buatmu saat berkendara. Warna lensa bisa membantumu lebih mudah mengidentifikasi tanda, sinyal, bahkan lampu lalu lintas. Untuk pilihan warna lensa, kamu disarankan menggunakan lensa berwarna cokelat atau abu-abu.

Gunakan Ukuran yang Sesuai

Ukuran yang pas adalah pertimbangan utama memilih kacamata. Jangan sampai kamu memilih kacamata yang terlalu ketat atau malah longgar. Hal itu bisa membuatmu nggak nyaman. Jadi, pilihlah kacamata yang pas dengan hidungmu.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan saat memilih kacamata untuk berkendara. So, jangan salah pilih kacamata ya, Millens. (MG14/E04)