Mau Cuci Motor? Perhatikan Dulu Hal Ini!

Mencuci motor tentunya tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar motor tetap nyaman setelah dicuci.

Mau Cuci Motor? Perhatikan Dulu Hal Ini!
Mencuci motor sendiri. (Iwanbanaran.com)

Inibaru.id – Mencuci motor memang terlihat mudah. Namun, kalau sembarangan mencuci, motormu bisa-bisa nggak nyaman dipakai bahkan bisa rusak, Millens. Jadi, ada beberapa bagian yang butuh perhatian khusus saat mencuci.

Berikut beberapa hal yang harus dihindari saat mencuci motor agar tetap nyaman dan aman dari kerusakan.

Jangan Pakai Sabun Colek atau Deterjen

Mencuci motor menggunakan deterjen ataupun sabun colek tidak dianjurkan. Hal ini dapat mengakibatkan cat menjadi kusam serta meninggalkan bercak putih pada bodi motor.

Hasil gambar untuk mencuci motor dengan sabun colek
Mencuci motor dengan sabun colek. (Gilamotor.com)

Gunakan Dua Spons

Ada baiknya kamu mencuci motor menggunakan dua spons, Millens. Satu spons digunakan untuk membersihkan kaki-kaki motor, sedangkan spons yang lain dipakai untuk mengelap bodi. Hal ini dilakukan karena bahan bodi dan kaki motor berbeda sehingga harus diperlakukan sesuai dengan karakteristiknya.


Mencuci dengan spons. (Metronews.com)

Jangan Memakai Semprotan Air Bertekanan Tinggi

Mencuci motor tidak dianjurkan menggunakan semprotan air bertekanan tinggi. Semprotan semacam itu dapat merusak komponen motor seperti kelistrikan, busi motor, dan kisi-kisi radiator. Menggunakan semprotan air bertekanan tinggi juga akan membuat lampu utama mengembun.


Menggunakan semprotan air saat mencuci motor. (Youtube.com/Vlog Dila)

Hindari Penggunaan Wax di Jok Motor

Hindari penggunaan silicone/wax di jok dan dek motor agar tidak licin saat digunakan. Cairan semir ban sebaiknya juga dihindari mengenai tapak ban, karena dapat membuat ban menjadi licin.


Memoles motor dengan silicone/wax. (Youtube.com)

Keringkan Motor yang Sudah Dicuci

Sebisa mungkin, keringkan motormu yang sudah dicuci. Kamu bisa mengakalinya dengan memilih tempat cuci motor yang menggunakan kompresor angin. Ini bertujuan agar pengeringan motor bisa maksimal sehingga tidak ada air yang mengendap di saklar ataupun sela-sela windshield.


Kompresor angin untuk pengering motor. (Youtube.com)

Bagaimana Millens, sudah tahu kan cara mencuci motor yang baik dan benar? Dus, perhatikan hal-hal tersebut agar motormu tetap aman dan nyaman dipakai setelah dicuci ya! (MG12/E04)