Biar Mobil Tetap Aman, Lakukan Hal Ini Saat Macet

Macet nggak cuma bikin stres pengemudi, mobil pun bisa stres dengan keadaan yang panas. Berikut tips aman mengendarai mobil saat terjebak macet.

Biar Mobil Tetap Aman, Lakukan Hal Ini Saat Macet
Kemacetan di jalan tol. (Tempo.co)

Inibaru.id – Di Indonesia, macet adalah masalah lalu lintas yang paling kerap terjadi. Terlebih di kota-kota besar seperti Jakarta, macet sudah menjadi santapan masyarakat ibu kota setiap hari. Terjebak macet memang bisa bikin kesal pengemudi sekaligus berisiko untuk kendaraan yang ditumpangi.

Bagi pengendara mobil, kondisi macet sangat berisiko menyebabkan beberapa permasalahan pada kendaraan. Masalah-masalah itu di antaranya mesin yang overheating, bahan bakar yang boros, bahkan kecelakaan. Nah, supaya mobilmu tetap aman meski terjebak macet, kamu bisa melakukan tips-tips berikut.

Kurangi Penggunaan Setengah Kopling

Saat kondisi jalanan macet, banyak dari pengemudi yang sering melakukan stop and go. Ada juga yang memilih teknik setengah kopling agar kaki nggak cepat lelah. Namun, teknik itulah yang bisa jadi penyebab kampas kopling cepat habis, panas, dan aus. Apalagi jika jalan menanjak, jangan sekali-kali pakai setengah kopling.

Kamu bisa mencoba dengan menjaga jarak dengan mobil di depanmu. Setelah agak jauh barulah mulai jalan perlahan. Jika jalan menanjak, ada baiknya kamu menggunakan hand rem.

Posisikan Gear Netral Saat Berhenti

Kondisi jalanan yang macet parah kadang memaksamu untuk berhenti dalam waktu yang lama. Jika kamu mengalami hal ini, memosisikan gigi transmisi ke posisi netral adalah pilihan yang tepat. Hal ini adalah langkah antisipatif jika kemungkinan pedal kopling terlepas.

Posisikan Gear D untuk Mobil Matik

Jika kamu menggunakan mobil matik, cobalah posisikan gear pada posisi D lalu tekan pedal akselerator mobil sehalus mungkin. Cara ini bisa mencegah pemborosan bahan bakar.

Perhatikan Instrumen dan Indikator Mobil

Saat macet, jangan lupa untuk selalu mengecek instrumen dan indikator pada mobilmu. Ini karena kerja mobilmu lebih berat waktu jalanan macet dibandingkan pada saat jalanan normal.

Mematikan AC Mobil

Mematikan AC pada saat kemacetan bisa jadi cara tepat untuk meringankan kerja mesin mobil. Langkah ini juga bisa menghindarkan mesin dari overheating di tengah jalan.

Jangan Mengerem Mobil Mendadak

Buat kamu yang suka berkendara, jangan terlalu sering memainkan pedal rem mobil apalagi sampai mengerem mendadak. Hal ini akan mengganggu bahkan bisa membahayakan pengendara lain karena berisiko kecelakaan.

Nah, buat sobat Millens yang sering menghadapi kemacetan, tips-tips tadi barangkali bisa membantu. Nggak cuma menjaga mood pengendara, performa mobil perlu diperhatikan saat macet ya. (MG14/E04)