Begini Cara Merawat Aki Basah

Aki basah adalah jenis aki yang harus mendapatkan perawatan rutin dan berkala. Begini cara merawat aki basah.

Begini Cara Merawat Aki Basah
Pengisian air aki. (Adira.co.id)

Inibaru.id - Aki basah adalah salah satu jenis aki yang harus mendapatkan perawatan rutin dan berkala. Perawatan itu pun menyeluruh mulai dari volume air aki, kondisi cairan dalam wadah, hingga pengecasan rutin. Hal ini berbeda dengan aki kering yang nggak perlu perawatan lebih.

Nah, supaya aki basah yang kamu gunakan tahan lama, kamu perlu tahu cara merawat aki basah yang tepat, Millens. Aki basah bisa lebih awet bila kamu selalu menjaga volume airnya. Secara umum, volume air aki perlu dicek setiap dua bulan sekali.

Oh iya, saat mengisi ulang daya aki, pastikan juga volume air aki cukup, ya. Bila volume air kurang, aki tersebut berpotensi meledak dari dalam ketika disetrum.

Sementara itu, jika volume air aki melebihi kapasitas yang dianjurkan, akimu bisa saja terkena pengapuran pada kepala aki. Reaksi ini membuat kinerja aki nggak maksimal. Lebih parah lagi, pengapuran pada kepala aki itu bisa memperpendek usia pakai aki.

Nah, bagi sobat Millens yang pakai aki basah, jangan lupa selalu cek aki secara rutin dan berkala, ya. Jangan malas mengecek bila pengin akimu awet! (MG14/E04)