Berapa Biaya dari Jakarta ke Surabaya Lewat Jalan Tol?

Mulai tahun ini, kita bisa terus berkendara di jalan bebas hambatan dari Jakarta hingga Surabaya.

Berapa Biaya dari Jakarta ke Surabaya Lewat Jalan Tol?
Jalur tol Trans-jawa sudah siap digunakan untuk arus mudik tahun ini. (IRadio FM)

Inibaru.id – Kamu biasa mudik dengan memakai kendaraan pribadi? Nah, salah satu bujet paling penting yang kudu kamu persiapkan di jalan adalah "uang tol". Terlebih, nggak lama lagi Jakarta-Surabaya bakal tersambung jalur tol. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) bahkan mengatakan, jalan bebas hambatan trans-jawa yang terbentang sepanjang 178 kilometer bakal bisa digunakan untuk mudik pada Lebaran tahun ini. Hm, berapa tarifnya ya?

Dikutip dari Detik.com, Selasa (13/3/2018), pemudik dikabarkan bakal bisa terus memakai jalur tol Jakarta-Surabaya tanpa terputus sepanjang 178 kilometer. Ruas tol yang bisa kita gunakan adalah Tol Jakarta-Cikampek, dilanjutkan dengan Cikopo-Palimanan, Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Kertosono-Mojokerto, dan yang terakhir adalah Mojokerto-Surabaya.

Adanya sistem tol terintegrasi yang telah diberlakukan sejak tahun lalu di tol Jakarta-Cikampek dan tol Cikampek-Palimanan membuat kita hanya perlu mengambil tiket di gerbang tol Cikarang Utama dan baru membayarnya di gerbang tol Palimanan. Untuk jalur ini, tarif yang dikenakan adalah Rp 109.500.

Baca juga:
MPV Masih Diburu Masyarakat Tanah Air
Siap-Siap, Suzuki Jimny Bakal Masuk ke Indonesia

Setelahnya, kita perlu memersiapkan biaya untuk melalui ruas tol Palimanan-Kanci sebesar Rp 11.500 dan ruas tol Kanci-Pejagan sebesar Rp 24.000.

Namun, BPJT menyebutkan, untuk tahun ini, pemudik nggak perlu lagi keluar di gerbang Brexit (Brebes Exit) untuk mencapai Pemalang. Kamu bisa langsung masuk ruas tol Pejagan-Pemalang yang berbiaya Rp 57.500. Setelahnya, perjalanan dilanjutkan menuju tol Pemalang-Batang yang bertarif Rp 6.600.

Perjalanan di jalan tol Batang ke Semarang masih gratis karena baru dibuka secara fungsional. Setelah memasuki Kota Semarang, kita akan kembali dibebankan biaya Rp 40.400 untuk mencapai gerbang tol Salatiga. Untuk tol Salatiga-Kartasura (Solo), kita tidak perlu membayar karena statusnya yang juga masih fungsional.

Setelah memasuki Solo, kita bisa langsung menggunakan tol Solo-Ngawi yang memiliki tarif Rp 117.546. Dari Ngawi, kita perlu membayar Rp 64.363 untuk mencapai Wilangan (Nganjuk), kemudian kembali melalui tol berstatus fungsional hingga Kertosono.

Baca juga:
Bakal Ada Standardisasi Harga Mobil Tua
26 Tim Mahasiswa Ikuti Ajang Bergengsi

Untuk sisa dua ruas tol terakhir, kita perlu mempersiapkan Rp 28.116 saat melalui tol Kertosono-Mojokerto dan Rp 38.293 untuk melalui tol Mojokerto-Surabaya.

Secara keseluruhan, perjalanan dari Jakarta ke Surabaya dengan menggunakan kendaraan pribadi melalui jalan tol akan menghabiskan Rp 388.427. Nah!

Gimana, Millens, jumlah "uang tol" sebesar itu lumayan mahal ya? Mm, tapi lumayanlah, asalkan nggak macet kayak sebelum-sebelumnya. (AW/GIL)