Berada di Dalam Kendaraan Saat Gempa? Begini Cara Antisipasi yang Tepat
Hal-hal yang perlu dilakukan pengemudi saat terjadi bencana. (Voanews.com)

Berada di Dalam Kendaraan Saat Gempa? Begini Cara Antisipasi yang Tepat

Bencana alam datang tanpa diduga. Nah, bila terjadi bencana saat kamu berada di dalam mobil, cobalah lakukan langkah antisipasi ini.

Inibaru.id – Bencana alam seperti gempa memang nggak bisa dihindari oleh siapapun. Padahal, nggak ada yang bisa memprediksi waktu terjadinya gempa. Karena itu, sejumlah penyuluhan dilakukan pemerintah untuk menyosialisasikan cara melindungi diri saat terjadi gempa.

Cara perlindungan diri saat gempa pun berbeda-beda bergantung kondisi yang sedang kamu hadapi. Nah, bila kamu berada di dalam kendaraan saat terjadi gempa, coba lakukan cara perlindungan diri berikut.

Saat Berada di Dalam Bus

Penumpang yang berada dalam bus. (Transbandung.com)

Saat kamu berada di dalam bus, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah berpegangan erat pada pegangan yang tersedia. Bila nggak tersedia pegangan, kamu dapat duduk membungkuk dengan cara merapatkan dada ke bagian paha.

Lalu, saat bus berhenti kamu harus mengikuti instruksi yang diarahkan pengemudi. Pengemudi biasanya akan mengarahkan untuk keluar melalui pintu utama ataupun pintu darurat yang tersedia.

Pada situasi ini, usahakan agar tetap tenang dan jangan panik. Kepanikan yang terjadi dapat menyulitkan proses evakuasi dan terjadi saling dorong antarpenumpang.

Berkendara dengan Mobil Pribadi

Jalanan rusak akibat gempa. (Nationalpost.com)

Bila kamu sedang menyetir mobil saat gempa mengguncang, hal yang dapat dilakukan adalah mengusahakan agar mobil tetap berjalan dengan stabil. Setelah itu, pinggirkan mobil secara perlahan di tempat yang aman.  Pada situasi ini, kamu harus tetap dalam kondisi tenang dan fokus, Millens.

Tunggulah sejenak di dalam mobil. Nyalakanlah radio untuk mendapatkan info lebih lanjut terkait gempa yang terjadi.

Saat gempa mereda, tinggalkan mobil dan cari bantuan terdekat. Letakkan kunci pada saku yang mudah dijangkau. Jangan lupa untuk tetap membawa ponsel untuk menghubungi kerabat dan mendapatkan informasi lebih lanjut.  

Nah, jadi jangan panik dulu saat kamu berada di mobil kala gempa mengguncang ya, Millens. Lakukanlah langkah-langkah tersebut untuk meminimalisasi dampak bencana. (MG14/E04)