Berapa Lama sih Umur Pemakaian Ban?

Berapa Lama sih Umur Pemakaian Ban?
Umur ban dapat diidentifikasi dari kode yang tertera di dinding ban. (Carreview.id)

Ban merupakan komponen penting dalam kendaraan. Namun, nggak banyak orang mengetahui seberapa lama idealnya pemakaian ban tersebut.

Inibaru.id – Ban adalah salah satu komponen penting pada kendaraan baik itu motor, mobil, atau truk sekalipun. Tanpa ban, kendaraanmu nggak bisa jalan. Kendati ban begitu penting, hingga saat ini masih banyak orang yang belum tahu seberapa lama idealnya suatu ban dipakai.

Komponen berbahan karet ini memang nggak mempunyai masa kedaluwarsa. Namun, bukan berarti ban nggak mempunyai umur pakai, Millens.

Karena itu, penting buatmu mengetahui umur ban. Kamu bisa mengetahui kapan ban tersebut dibuat dengan melihat kode yang tertera pada dinding ban. Kode itu biasanya berupa dua huruf dan empat angka.

Waktu pembuatan ditunjukan empat angka di belakang. Dua angka pertama menunjukan minggu, sedangkan dua angka terakhir menunjukan tahun. Sebagai contoh bila di dinding ban tertera AK1218, ban tersebut dibuat di minggu ke-12 2018.

Manager Proving Ground Bridgestone Zulpata Zainal mengatakan ban yang berusia lebih dari tiga tahun biasanya sudah mulai mengeras dan masuk kondisi bahaya. Namun, bukan berarti ban tersebut sudah tidak layak digunakan. Selama ban masih kenyal dan tidak retak tentu saja ban masih layak digunakan seperti dilansir dari Kompas.com, Kamis (23/8/2018).

Sebaliknya, bila kurang dari tiga tahun tapi ban kendaraanmu mengalami retak atau bergelombang berati banmu harus segera diganti. Penggantian ban sangat penting dilakukan untuk menghindari hal-hal yang nggak diharapkan.

Ada pelbagai faktor yang menyebabkan banmu cepat rusak. Faktor yang bisa merusak ban di antaranya kurangnya perawatan, sisi pemakaian, dan proses penyimpanan.

Oh iya, ban yang disimpan juga bisa mengalami kerusakan, lo. Penyimpanan ban terlalu lama akan mempercepat usia kerusakan dari ban tersebut. Jadi, ada baiknya ban itu digerakkan atau digunakan sebagaimana mestinya.

Nah, makanya jangan malas cek kondisi banmu ya, Millens. (MG12/E04)