Keren! Anak Muda Ini Berhasil Gubah Lagu Nasional Tanah Airku Versi EDM

Bangun kembali kecintaan terhadap lagu nasional, Auwalur Rizqi Al-Firori aransemen lagu Tanah Airku versi EDM.


Inibaru.id - Lagu-lagu nasional memang bisa membuat kita semakin mencintai negeri ini. Sayangnya, saat ini banyak anak muda yang menganggap lagu nasional ini cenderung kuno dan ketinggalan jaman. Bahkan tak sedikit anak muda saat ini yang mulai meninggalkan lagu-lagu nasional dan beralih mengkuti derasnya arus lagu-lagu pop nan modern.

Menyikapi fenomena ini, Auwalur Rizqi Al-Firori atau yang akrab disapa Alffy, berinisiatif mengaransemen ulang dan mengunggah karya musiknya yang bertema lagu-lagu nasional ke channel media sosial Youtube miliknya.

Berbeda dengan lagu-lagu nasional yang biasanya memiliki aransemen klasik, Alffy pemilik akun Youtube Alffy Rev Official ini mengemas lagu nasional ke dalam musik modern yang keren. Misalnya, lagu Tanah Airku yang ia aransemen ulang menjadi lagu bergenre “EDM”. Dengan sentuhan musik elektronik, membuat gubahan lagunya tersebut menjadi lebih enerjik dan terkesan modern.

Baca juga: 'Gamelan Swara Jagad' Dengungkan Gamelan Hingga di Kentucky, Amerika Serikat.

Yang menarik, meski dijadikan musik yang modern, namun hal itu tidak  kemudian menghilangkan sentuhan musik tradisional yang bisa membuat nasionalisme kita semakin menggelora. Karena, dalam dalam gubahan lagunya tersebut, ia menyisipkan sentuhan musik gamelan yang menambah unik dan menarik ditelinga pendengar.

Alffy menyebutkan bahwa apa yang ia lakukan semata-mata sebagai cara untuk membangkitkan semangat perjuangan para pahlawan kemerdekaan dulu. Dengan mengemas lagu-lagu nasional ini menjadi karya musik yang lebih modern, diharapkan lagu-lagu ini tetap disukai oleh generasi muda kita saat ini.

Bakat Alffy dalam bidang ini nampaknya tak bisa diragukan lagi. Pasalnya, tak hanya meng-cover lagu nasional ini menjadi lebih modern, Alffy juga berperan sebagai sutradara sekaligus editor video dari lagu-lagu tersebut. Ia pun berharap bahwa berbagai video yang kemudian ia unggah di akun Youtube-nya ini bisa membuat pengikutnya dan generasi muda secara umum lebih menghargai musik-musik tradisional dan asli Indonesia. Dalam penggarapan karya-karyanya tersebut, Alffy mengaku mengalami cukup banyak kesulitan. Selain harus mencari komposisi yang tepat agar lagunya enak didengar.

Baca juga: Voca Erudita, Menang Ajang Internasional dan Ikut Konser Misi Budaya di Spanyol

Kendati demikian, ternyata tak semua masyarakat Indonesia menerima keberadaan aransemen dan cover lagu karya Alffy. Tak sedikit warganet yang komentar dan protes karena menganggap karyanya justru merusak pesan-pesan dan nuansa perjuangan dari lagu nasional. Hanya saja, Alffy menganggap mereka yang protes ini sebagai orang yang belum berpikiran terbuka. Ia sendiri bersikukuh apa yang dirinya lakukan ini bertujuan baik dan tulus untuk mengangkat kembali berbagai lagu nasional yang kini semakin terpinggirkan.

Beruntung, cukup banyak pula warganet yang mengapresiasi karyanya dan menganggap usahanya sebagai sesuatu yang positif. Adanya reaksi positif ini membuat Alffy pun semakin bersemangat untuk mengemas lagu nasional lainnya ke dalam musik modern. Apalagi Alffy juga menganggap karyanya ini bisa mendukung tekad pemerintah dalam menjadikan Indonesia sebagai negara yang kaya akan inovasi di berbagai bidang menjelang ulang tahun yang ke 100 nantinya.

Apakah anda tertarik untuk mendengar lagu nasional yang modern dan keren hasil karya Alffy? (AW/IB)