5 Fakta Menarik Lagu Akad yang Perlu Kalian Tahu

Popularitas lagu Akad milik Payung Teduh ternyata menyimpan berbagai fakta unik lho. Mau tahu? Ini dia.

5 Fakta Menarik Lagu Akad yang Perlu Kalian Tahu
Personil grup band Payung Teduh. (Foto: Tribunnews.com)

 

Inibaru.id - Setelah sempat geger dengan lagu Despasito milik Luiss Fonsi, kini dunia hiburan musik Tanah Air kembali dibuat heboh dengan lagu Akad milik grup band Indonesia Payung Teduh. Layaknya Despasito, lagu Akad ini juga banyak di cover mulai dari kalangan artis, masyarakat umum hingga para pengamen jalanan. Selain dicover oleh berbagai pihak, tak jarang lagu Akad ini diparodikan dengan versi yang unik dan menggelikan. Misalnya saja video parodi yang yang di upload oleh akun Youtube Kery Astina dengan judul Angkod.

Sebagai informasi, sejak lagu Akad ini diunggah, hingga kini klip video lagu bergenre pop jazz ini setidaknya telah ditonton sekitar 11 juta views, sebelum akhirnya diganti dengan yang baru karena suatu alasan. Kendati popularitasnya yang didapat saat ini tengah melejit, ternyata lagu Akad ini memiliki beberapa fakta menarik yang tak banyak masyarakat ketahui.

Hal tersebut di ungkapkan oleh Mohammad Istiqamah Djamad alias Is, vokalis Payung Teduh saat ditemui usai tampil di panggung Soundrenaline 2017 di Garuda Wisnu Kencana, Bali, Minggu (10/9) malam, seperti yang dikutip dari kompas.com. berikut adalah fakta-faktanya.

Bukan Single Pilihan Pertama

Memiliki iringan musik yang sedikit rancak dan akrab ditelinga pendengar, lagu Akad ternyata bukan merupakan lagu pilihan utama untuk dijadikan single dalam album ini.

"Kami kan biasa kalau bikin album ada jagoan. Ini nomer jagoan nomor empat sebenernya. Tapi yang paling cepet selesai itu Akad. Ketika ditanya apa yang mau dirilis, saya bilang Akad," ucap Is.

Sempat Mangkrak

Sejak merilis album terakhirnya pada 2012 lalu, Payung Teduh mengaku sangat sibuk dengan jadwal manggung mereka. Hingga pembuatan lagu berikutnya seperti Akad dan lainnya menjadi terbengkalai. Namun demikian, manager mereka terus mengingatkan untuk segera menyelesaikan rekaman lagu Akad tersebut.

"Suatu hari manajemen mulai mengatur jadwal yang tight. Akhirnya mereka shooting video klip Akad pakai mentahan rekaman yang dulu, sementara rekamannya belum beres. Jadi saya waktu itu langsung beresin rekaman hehehe," tutur Is.

Sempat Diremehkan dan Dicemooh

Meskipun berhasil membius telinga masyarakat Indonesia, namun lagu Akad ini awalnya banyak di remehkan dan dicemooh banyak orang, tak terkecuali penggemarnya. Tak sedikit fans pengikut grup band satu ini yang menyebutkan bahwa genre lagu Akad berbeda dengan lagu-lagu sebelumnya.

"Pada bilang 'Musik Payung Teduh enggak bagus nih enggak kayak dulu lagi. Liriknya juga kok jadi cemen gini sih, jadi gampang banget buat lagunya,” ujar Is.

Pesan Menyentil

Dengan lirik sederhana, lagu Akad ini memuat pesan sentilan terhadap pasangan yang tak kunjung menemui kejelasan untuk melanjutkan kedalam ikatan suci pernikahan.

“Yang cewek bilang udah lima tahun nih enggak dilamar-lamar nih. Yang cowok, gue sih mau tapi kayaknya si cewek kalau gue ngajak ngomong pernikahan kayak ah entar dulu. Terus udah keburu tua," kata Is.

Lagu yang Paling Sederhana

Is, sang vokalis menyebutkan bahwa lagu Akad ini merupakan lagu Payung Teduh yang paling sederhana dari segi lirik maupun aransemennya. Sehingga lahu ini nampak easy listening. (NA/IB)