Sahabat Lestari Bersama Mahasiswa KKN UPGRIS Sosialisasi HIV/AIDS

Sahabat Lestari Bersama Mahasiswa KKN UPGRIS Sosialisasi HIV/AIDS

Jepara - Yayasan Dharma Bakti Lestari (YDBL) melalui komunitas Sahabat Lestari Jepara menggandeng Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) dan pemerintah Kecamatan Tahunan sosialisasi human immunodeficiency virus  (HIV) dan  acquired immune deficiency syndrome (AIDS) di Pendopo Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara. Pada Jumat (7/2/2020).

Sosialisasi HIV/AIDS ke 7 di Kabupaten Jepara merupakan salah satu acara dari rangkaian kunjungan daerah pemilihan (Kundapil) Wakil Ketua MPR RI yang juga menjadi Dewan Pembina YDBL, Lestari Moerdijat.

Sholekah, pemateri dari Yayasan Dharma Bakti Lestari berharap peserta yang datang bisa menjadi inisiator memperluas informasi mengenai HIV/AIDS ke warga lainnya.

"Kami berharap agar warga yang datang dapat menjadi inisiator di lingkungannya sendiri sehingga membantu memperluas lingkup pemahaman informasi terhadap HIV/AIDS." ujarnya.

Didi Prabowo, sebagai koordinator kecamatan Tahunan KKN UPGRIS 2020 menyebutkan bahwa kegiatan ini memiliki tujuan menyadarkan masyarakat mengenai bahaya hiv/aids, karena di kecamatan tahunan sendiri sudah ada yang terjangkit penyakit hiv/aids sebanyak 5 orang yang terkena hiv dan 3 orang yang terkena aids.

"Saya mendengar kabar dari puskesmas kecamatan tahunan bahwa sudah ada warga yang terjangkit HIV sebanyak 5 dan AIDS sebanyak 3 orang, informasi ini kami dapat dari pihak puskesmas," terangnya Didi Prabowo.

Agus Budiyarso, menjelaskan mengenai penyakit Hiv/aids dimana virus tersebut menyerang kekebalan tubuh manusia yang dapat memicu berbagai macam penyakit lainya seperti TBC, meningitis, diare, dll, dalam workshop HIV/AIDS

"Kegiatan ini sangat berguna sekali yang meskipun ini merupakan program yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang, tapi kegiatan ini berdampak dan membantu program puskesmas dan juga dinas kesehatan kabupaten jepara mengenai program sosialisasi HIV/AIDS ini, semoga apa yang telah disampaikan kepada masyarakat di kegiatan ini dapat terus berkelanjutan yang artinya setiap warga yang telah mendapatkan ilmu di acara ini dapat menyampaikan kepada masyarakat lainya,’’ terangnya Agus Budiyarso.

YDBL selain rutin sosialisasi HIV/AIDS di Kabupaten Jepara juga di Kabupaten Kudus. YDBL juga memberikan fasilitas Ambulance Sahabat Lestari tanpa dipungut biaya untuk masyarakat yang membutuhkan di Kudus, Demak dan Jepara.

Tags :