Peduli, Sahabat Lestari Kembali Lakukan Sosialisasi SADARI

Peduli, Sahabat Lestari Kembali Lakukan Sosialisasi SADARI

Relawan Sahabat Lestari kembali memberikan penyuluhan mengenai gerakan periksa payudara sendiri (SADARI) di dua lokasi, yakni di Kabupaten pada Sabtu-Minggu (7-8/3/2020), dan di Kabupaten Jepara pada Minggu (8/3/2020).

Acara ini bertujuan untuk mengajak dan melatih perempuan terutama ibu-ibu untuk melakukan deteksi dini secara mandiri terhadap gejala kanker payudara. Selain itu, kegiatan SADARI dilakukan untuk meningkatkan kepedulian para perempuan dan ibu-ibu terhadap kesehatan, terutama kesehatan payudara. Mengingat, mayoritas kanker payudara baru terdeteksi ketika sudah mencapai stadium lanjut sehingga sulit untuk disembuhkan.

Sebagai seorang survivor kanker payudara, Wakil Ketua MPR RI sekaligus Dewan Pembina Sahabat Lestari, Lestari Moerdijat turut mendedikasikan diri untuk membantu para penyintas kanker payudara dan para wanita untuk lebih sadar terhadap kesehatan payudaranya. Salah satunya melalui Gerakan SADARI ini.

Rerie juga mengungkapkan keinginannya guna memanfaatkan kesempatan kedua yang diberikan oleh Allah SWT untuk membantu masyarakat semua. Ia pun mengajak masyarakat untuk tetap semangat dan berjuang demi kehidupan yang baik.

Kegiatan SADARI ini dihadiri oleh kurang lebih 200 peserta di dua lokasi yang mayoritas adalah ibu-ibu pengurus dan kader penggerak PKK. Para peserta yang datang antusias mendengarkan penjelasan mengenai kanker payudara hingga turut mempraktikkan gerakan SADARI.

Penyuluhan gerakan SADARI sendiri rutin dilakukan oleh Komunitas Sahabat Lestari binaan Lestari Moerdijat. Diharapkan dengan kegiatan ini, kesadaran perempuan terutama ibu-ibu terhadap kanker payudara semakin meningkat.

Sebagai wakil rakyat, Rerie bertekad untuk terus bersama masyarakat. Melalui Sahabat Lestari, Rerie akan tetap fokus pada issue-issue sosial.

Ia juga berpesan kepada Pantura Cancer Community (Pancacom) untuk bersama-sama merangkul dan membantu memperjuangkan hak-hak masyarakat.

Adapun, dengan adanya deteksi dini terhadap kanker payudara akan memperkecil risiko terkena kanker payudara, pun bila terkena kanker payudara akan lebih mudah disembuhkan karena terdeteksi lebih awal.

Tags :