Salad Asli Indonesia yang Cocok buat Diet

Menghindari makanan berlemak dan memperbanyak sayuran serta buah adalah satu cara untuk berdiet. Sebagian orang kemudian memilih menu salad, yaitu sayuran hijau yang diolah dengan bumbu dan saus, kemudian ditambah bahan makanan lain seperti buah atau sayur lain.

Salad Asli Indonesia yang Cocok buat Diet
Pecel makanan khas indonesia yang cocok untuk diet (Foto: Travelingyuk)

Inibaru.id - Menghindari makanan berlemak dan memperbanyak sayuran serta buah adalah satu cara untuk berdiet. Sebagian orang kemudian memilih menu salad, yaitu sayuran hijau yang diolah dengan bumbu dan saus, kemudian ditambah bahan makanan lain seperti buah atau sayur lain.

Kebanyakan orang berpikir salad adalah makanan Eropa lantaran istilah itu berasal dari bahasa latin “sal” yang berarti garam. Namun, ternyata salad tersebar di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Beberapa jenis salad yang ada di Indonesia sangat cocok bagi Anda yang ingin menjaga berat tubuh ideal karena biasanya didominasi sayuran hijau sebagai bahakn utama. Meski begitu, terkadang kita tak sadar bahwa apa yang kita makan itu merupakan jenis salad lantaran di sini salad memiliki penamaan yang berbeda. Apa saja?

  1. Pecel

Pecel merupakan hidangan yang begitu familiar di Indonesia, sekaligus paling mendekati definisi salad. Berbahan dasar sayuran hijau seperti kangkung, bayam, daun semanggi, kacang panjang, kenikir, dan lain sebagainya, pecel kemudian disiram “saus” kacang yang manis-pedas, dan diakhiri dengan topping variatif mulai dari kerupuk, emping, dan lauk seperti telur, paru, atau bahkan cingur (moncong sapi).

Sayur yang dominan dalam pecel membuat hidangan ini dipandang sebagai menu diet yang mumpuni. Sayuran yang direbus atau dikukus membuat masakan ini bebas minyak. Yang perlu diwaspadai dalam pecel bagi para pejuang anti-lemak adalah saus kacang dan topping-nya.

  1. Gado-gado

Ada pelbagai gado-gado di Indonesia. Namun, untuk menu diet, gado-gado dari  Solo adalah menu yang tepat. Gado-gado ini menggunakan sayuran mentah sebagai bahan utama, yang diguyur sambal kacang dan ditambah berbagai makanan mulai kentang, tempe, tahu, mi kuning, dan kerupuk atau emping. Selain segar, gado-gado juga menyehatkan.

  1. Karedok

Kacang panjang, timun, kemangi, kol, dan taoge adalah bahan utama yang biasa digunakan karedok. Dalam keadaan mentah, kemangi dipetik daunnya saja, timun, kacang panjang, dan kol dipotong kecil-kecil, sedangkan taoge dibiarkan utuh. Sayuran tersebut kemudian di-urap (dicampur) dengan bumbu kacang ulek.

Tak jauh berbeda dengan pecel dan gado-gado, karedok juga bisa disajikan bersama emping dan kerupuk, atau menjadi pendamping nasi.

  1. Rujak

Ada banyak sekali variasi rujak di Indonesia. Namun yang pasti, rujak terdiri dari campuran buah yang dipotong bite-sized atau lebih kecil. Buah yang diambil biasanya terdiri dari dua macam, yakni buah yang belum begitu matang untuk memberi sensasi asam, dan buah matang untuk rasa manis.

Buah tersebut kemudian diguyur dengan saus kacang atau saus gula jawa yang dicampur cabai sehingga menimbulkan sensasi lengkap antara segar, asam, manis, dan pedas di lidah. (OS/IB)