Hidangan Unik dan Enak Khas Batak

Susu dijadikan lauk, ya, cuma ada di Batak. Yuk, kita cicipi!

Hidangan Unik dan Enak Khas Batak
Dengke Mas Na Niura, makanan khas Tanah Batak yang unik dan enak. (republika.co.id)

Inibaru.id – Tradisi dan budaya turun-menurun yang terus lestari di Tanah Batak menjadikan kuliner di wilayah Sumatra Utara itu menjadi begitu khas dan beragam. Lebih dari itu, masakan Batak juga terkenal enak, meski terkadang sulit ditemui di daerah lain.

Nah, jika Anda berkunjung ke daerah yang terkenal dengan wisata alam Danau Toba itu, sempatkanlah untuk mencicipi berbagai kuliner yang dirangkum IDN Times (11/10/2017) berikut ini.

  1. Lampet

 

Lampet (indonesian-medan-food.co.id)

Lampet merupakan kue tradisional khas Batak. Camilan ini menjadi hidangan wajib acara adat pernikahan maupun perkumpulan marga. Bahan Lampet terdiri atas tepung beras, kelapa, dan gula merah, kemudian dibungkus daun pisang.

Baca juga:
Terkenang Anging Mamiri dari Mamink Daeng Tata
Rendang di Antara Sajian Kuliner Internasional di Jerman

  1. Itak Gurgur

 

Itak Gurgur (idtoba.com)

Camilan tradisional yang satu ini juga terbuat dari campuran tepung beras, kelapa muda, dan gula. Namun, kue ini tidak dimasak, hanya dicampurkan saja

  1. Dengke Mas Na Niura

 

Dengke Mas Na Niura (republika.co.id)

Makanan tradisonal berbahan dasar ikan mas ini berasal dari Tapanuli. Dalam bahasa Batak, “Na Niura” berarti tidak dimasak. Ya, pengolahan makanan ini memang tidak digoreng ataupun direbus. Namun, berkat bumbu yang komplit, ikan mas mentah tetap berasa enak di lidah, kok.

Baca juga:
Sudah Pernah Makan di Food Court Paling Hits di Surabaya Ini?
Belum ke Purwokerto kalau Belum ke Soto Jalan Bank

  1. Mie Gomak

 

Mie Gomak (IndonesianMedanFood.com)

Sesuai namanya, cara membuat mi khas Batak ini adalah dengan digomak-gomak (digenggam memakai tangan). Rasa dari rempah dan bumbu yang kuat menjadi daya tarik “spageti” buatan Batak ini.

  1. Dali Na Horbo

 

Dali Na Horbo (tripelaketoba.com)

Apa jadinya jika susu dijadikan sebagai lauk pendamping nasi? Nah, datanglah ke Tanah Batak, lalu carilah Dali Na Horbo. Makanan ini terbuat dari susu kerbau yang dibekukan. Setelah beku, susu dimasak dengan bawang atau diarsik. Hmm, sedap!  (GIL/SA)