7 Cara Olah Ini Bikin Kamu yang Kurang Suka Sayur Jadi Tertarik

Anda bisa mencampurkan segenggam bayam dengan apel dan jeruk lemon. Atau, sayur kale juga bisa digabung dengan mangga, jahe, dan lemon.

7 Cara Olah Ini Bikin Kamu yang Kurang Suka Sayur Jadi Tertarik
“Nasi” yang terbuat dari kembang kol. (Foto: bcgoodfood.com)

Inibaru.id - Sayur yang kaya serat ini sangatlah dibutuhkan tubuh. Namun demikian, tak sedikit orang yang kurang suka mengonsumsi bahan dengan kandungan nutrisi, mineral, dan vitamin melimpah ini. Tak hanya anak-anak, orang dewasa juga acap kali begitu.

Lantas, bagaimana agar sayuran menjadi menarik untuk dikonsumsi kita? Penuturan dari IDN Times ini mungkin bisa menjadi solusinya.

  1. Sup Krim

Jika Anda antipati terhadap sup dengan potongan sayur yang besar-besar, menggantinya dengan sup krim mungkin akan lebih menarik. Dengan bumbu yang lebih kaya, sup krim kemungkinan besar akan lebih bisa diterima lidah Anda.

Sejumlah sup krim yang bisa Anda coba di antaranya sup krim brokoli, wortel, atau labu.

  1. Mie Sayur

Para vegan (pemakan sayuran) pasti tahu betul hidangan ini. Dibuat dari sari sayuran yang dicampur dengan adonan mie, mie sayur terlihat menarik lantaran warnanya yang cantik.

Mie sayur ini mudah ditemui di pasaran. Namun, jika ingin lebih higienis, Anda juga bisa membuatnya sendiri. Mie ini akan cocok diaplikasikan dalam pembuatan mie ayam atau mie kuah lainnya.

Baca juga:
Pilih-Pilih dari Enam Jenis Yoghurt Terfavorit Ini
Menilik Tren Kuliner Olahan Mangga

  1. Dicampur dengan Smoothies Buah

Terkadang ada yang suka buah tapi enggan makan sayur. Nah, mencampur keduanya dalam bentuk smoothies barangkali bisa menjadi solusi bagi Anda. Buah yang manis akan menghilangkan rasa hambar yang ditampilkan sayur.

Anda bisa mencampurkan segenggam bayam dengan apel dan jeruk lemon. Atau, sayur kale juga bisa digabung dengan mangga, jahe, dan lemon.

  1. Omelette

Anda biasa sarapan omelette telur? Tak ada salahnya jika sesekali makanan lezat itu juga dicampuri sayuran semisal bayam dan tomat yang sudah dirajang tipis-tipis. Omelette kombinasi telur, sayuran, dan susu tidaklah buruk untuk mengawali pagi Anda.

  1. Sate Kebab

Tak ada salahnya “menyelipkan” potongan bawang bombay, tomat, dan paprika di antara tusukan sate kebab yang berisikan daging. Dengan aroma daging dan campuran saus yang terbakar arang, rasa sayuran yang tidak Anda sukai pun akan tersamarkan.

Baca juga:
Minuman Penuh Khasiat Ini Jadi Warisan Budaya Nonbenda
Salad Asli Indonesia yang Cocok buat Diet

  1. Nugget

Buatlah nugget homemade yang bahan ayam, udang atau daging sapi, dengan memberi tambahan bayam atau wortel yang sudah dihaluskan. Tambahkan merica dan bumbu rempah agar rasa sayur tersamarkan.

  1. Nasi dari Kembang Kol

Cara ini sedang ngetren di luar negeri, lho. Kembang kol dihancurkan dengan food processor hingga berbentuk butiran, lalu dimasak ala nasi goreng atau dikukus agar teksturnya lembut serupa nasi putih yang sudah dimasak. Rasa yang cenderung netral sebagaimana nasi putih bakal cocok dipadukan dengan lauk apapun. (OS/IB)