5 Makanan Paling Eksis Diberbagai Tempat di Bulan Ramadan.

Inilah 5 makanan paling eksis diberbagai tempat saat bulan ramadhan

5 Makanan Paling Eksis Diberbagai Tempat di Bulan Ramadan.
Makanan Eksis (Foto : venuemagz.com)
710
View
Komentar

inibaru.id - Selain euforia ibadah puasa, bulan Ramadan juga seringkali diramaikan dengan makanan atau kudapan khas yang hanya muncul dibulan Ramadan. Bahkan tak sedikit makanan atau kudapan tersebut nangkring di deretan nomer wahid sebagai makanan yang paling banyak ditemui ketika bulan Ramadan. Pasalnya makanan tersebut tak hanya terdapat disuatu tempat tertentu, tapi diseluruh pelosok negeri.

Nah, berikut ini merupakan daftar kudapan yang sering jumpai diberbagai tempat ketika bulan Ramadan.

  1. Kurma

Buah kurma selalu menjadi makanan idola ketika bulan Ramadan. Buah ini sebenarnya bukan asli dari Indonesia melainkan dari Timur Tengah. Menjadi salah satu makanan yang disunahkan Rosulullah ketika berpuasa menjadikan buah ini banyak diserbu oleh masyarakat luas.

ilustrasi buah kurma

Ukurannya yang kecil dan manis ternyata menyimpan banyak manfaat untu tubuh. Kandungan gula tinggi yang tedapat dalam kurma menjadikan makanan satu ini sangat tepat menjadi santapan berbuka, karena tubuh akan mudah menguraikan makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Selain itu buah kurma juga bisa menjaga kesehatan tulang dan gigi, mengurangi reaksi alergi, mencegah pembekuan darah, mengatasi anemia hingga mencegah serangan jantung dan stroke. Itu alasannya kurma selalu menjadi makanan favorit masyarakat terutama ketika bulan puasa.

  1. Kolak

Salah satu makanan yang muncul secara massif dibulan Ramadan dan diperjual belikan secara luas adalah kolak. Kolak ini juga seringkali dijadikan menu takjil yang dibagi-bagikan secara gratis sebagai bentuk sedekah.

ilustrasi kudapan kolak

Kolak merupakan makanan asli Indonesia yang biasanya merupakan paduan antara pisang, ubi dengan campuran gula dan santan. Selain mudah disajikan dan memiliki rasa manis khas makanan satu ini menjadi deretan enu yang tersaji dimeja makan sebagai makanan berbuka puasa.

  1. Kolang Kaling

Buah berwarna dasar putih ini merupakan salah satu makanan yang banyak ditemukan hanya ketika bulan puasa tiba. Kolang kaling merupakan buah pohon aren yang sudah diolah dengan menggunakan beberapa tahap.

ilustrasi gambar kolang kaling

Meski rasa aslinya adalah tawar namun kolang kaling memiliki kandungan gizi yang lumayan tinggi, diantaranya mengandung protein, karbohidrat dan serat kasar.

  1. Cincau

Cincaumerupakan salah satu makanan yang diadopsi dari negeri gingseng, Cina. Namun kehadiran cincau di Indonesia sudah menjadi makanan yang tak terpisah dari masyarakat. Hal itu terbukti dari eksistensi cincau tersebut, terlebih ketika bulan puasa datang.

ilustrasi gambar cincau

Makanan ini akan banyak ditemui diberbagai tempat. Penyajian cincau ini biasanya dibarengkan dengan bahan makanan lain seperti cendol dan santan. Oleh karena biasanya cincau ini akan lebih eksis jika digabung mejadi es campur.

  1. Blewah

Kudapan selanjutnya yang banyak dinikmati oleh masyarakat Indonesia ketika berbuka puasa adalah es blewah. Blewah merupakan salah satu buah dengan pohon merambat seperti kelapa yang tumbuh didaerah minim air.

ilustrasi kudapan Es blewah

Minuman khas bulan Ramadan ini tergolong minuman yang sehat karena mengandung nutrisi, mineral kalium da provitamin A di dalam buah blewah. (NA)