5 Minuman Hangat Khas Natal di Seluruh Dunia

5 Minuman Hangat Khas Natal di Seluruh Dunia
Gluhwein, minuman Natal khas Jerman dan Austria. (Stuttgartcitizen)

Nggak cuma makanan khas, berbagai negara di dunia juga punya minuman khas saat Natal. Berikut minuman-minuman hangat dari berbagai negara yang disajikan ketika Natal.

Inibaru.id – Selain Australia, Natal biasanya jatuh pada musim dingin atau musim penghujan seperti di Indonesia. Untuk menghangatkan tubuh, masyarakat akan membuat minuman hangat yang diseruput sambil merayakan Natal dengan keluarga. Minuman-minuman itu disajikan berbarengan dengan makanan khas Natal di setiap negara.

Berikut sejumlah minuman khas Natal dari berbagai negara. Check it out!

Eggnog (Eropa dan Amerika Serikat)

Eggnog khas Eropa dan Amerika Serikat. (Lickymyspoon)

Eropa dan Amerika mempunyai minuman spesial saat Natal yakni Eggnog. Sesuai dengan namanya, minuman yang sudah populer sejak abad ke-17 ini berbahan dasar telur ditambah campuran gula, susu, dan krim. Masyarakat Eropa dan Amerika juga biasa menambah alkohol di dalam Eggnog. Pas banget diminum saat musim dingin.

Glogg (Skandinavia)

Glogg khas Skandinavia. (Scandi Kitchen)

Glogg adalah minuman anggur dari Skandinavia yang sering disajikan saat Natal. Ada dua jenis Glogg yang bisa dipilih yakni Glogg yan mengandung alkohol dan tanpa alkohol. Glogg tanpa alkohol biasanya dibuat dari sari jus anggur yang dicampur dengan bubuk kayu manis, cengkeh, jeruk, kismis, dan almon. Minuman ini sangat cocok disajikan saat hangat.

Wassail (Inggris)

Wassail khas Inggris. (Quericavida)

Di Inggris ada tradisi untuk menyampaikan harapan serta keinginan bagi keluarga dan teman. Tradisi yang sudah ada sejak 1400 itu bernama Wassailing. Nah, dalam tradisi tersebut selalu ada minuman Wassail yang kemudian dijadikan sebagai minuman wajib saat momen Natal. Wassail ini disajikan hangat dengan campuran sari apel, jeruk, lemon, kayu manis, cengkeh, pala, dan beberapa bumbu rempah lainnya.

Bombardino (Italia)

Bombardino khas Italia. (Hungryforever)

Selama musim dingin termasuk saat Natal, minuman Bombardino sangat terekenal di Italia. Minuman ini mirip eggnog yang ada di Eropa dan Amerika Serikat tapi dicampur dengan alkohol khas Italia yang berkadar tinggi. Oh iya, sebelum disajikan Bombardino biasanya diberi whipped cream sebagai topping.

Gluhwein (Jerman dan Austria)

Gluhwein khas Jerman dan Austria. (Stuttgartcitizen)

Gluhwein adalah minuman sejenis anggur yang sangat populer di Jerman dan Austria. Minuman hangat satu ini dibuat dengan cara tradisional. Anggur itu kemudian diberi tambahan bumbu dari kayu manis, kapulaga, jahe, dan jeruk pahit.

Wah, banyak juga ya minuman hangat khas negara-negara di dunia. Indonesia juga punya banyak minuman tradisional hangat, lo. Minuman-minuman itu di antaranya wedang jahe, jamu jun, dan ronde. Minuman apa nih yang jadi favoritmu? (IB18/E04)