Cobain Deh Endesnya Bakwan Jembak Khas Senjoyo Ini!

Cobain Deh Endesnya Bakwan Jembak Khas Senjoyo Ini!
Bakwan Jembak di Pemandian Senjoyo. (Inibaru.id/ Laras Puspita)

Bakwan merupakan salah satu gorengan yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Umumnya, bakwan dibuat dengan bahan-bahan sayuran seperti taoge, kubis, dan juga wortel. Namun, di Pemandian Senjoyo, bakwan dibuat dari bahan dasar jembak. Seperti apa rasanya?

Inibaru.id -  Pemandian Senjoyo yang terletak di Desa Tegalwaton, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang ini nggak hanya menyuguhkan kolam-kolam pemandian dengan air yang jernih serta udara yang sejuk, tetapi juga memiliki makanan khas yang selalu jadi buruan para pengunjung, yakni bakwan jembak. Tanaman jembak atau biasa disebut dengan selada air ini biasanya tumbuh subur di daerah yang dekat dengan mata air.

Tanaman Jembak yang Tumbuh Subur di Kolam Senjoyo. (Inibaru.id/ Laras Puspita)

Tanaman Jembak yang Tumbuh Subur di Kolam Senjoyo. (Inibaru.id/ Laras Puspita)

Rasa yang gurih dan teksturnya yang kenyal memberikan cita rasa tersendiri di dalam mulut. Apalagi jika menyantapnya saat masih hangat dan dimakan di dekat kolam Senjoyo yang udaranya sejuk. Hmm makin lezat deh rasanya!

Kamu bisa makan bakwan ini secara langsung atau mencocolkan ke saus sambal terlebih dahulu. Bagi saya yang suka saus, cara kedua memang jadi favorit. Gurih dan kenyalnya jadi lebih terasa saat dipadukan dengan saus sambal yang cukup pedas. Yummy deh, pokoknya!

Biasanya pengunjung menikmati hangatnya bakwan jembak sembari berendam atau pun sekadar mencelupkan kaki ke dalam air di kolam Senjoyo yang sejuk. Selain dapat diolah menjadi jajanan enak, jembak ini dipercaya juga mampu menyembuhkan beberapa penyakit, lo.

“Jembak senjoyo ini bisa buat obat, kaya asma, darah tinggi, dan flek yang biasanya anak kecil yang suka sakit gitu. Caranya tinggal dicuci bersih terus diblender, tapi jembaknya diambil seakarnya yang warna putih itu, terus diminum.” Ujar Mak Tomblok, penjual bakwan jembak di Senjoyo kepada Inibaru.id.

Cara pembuatan bakwan jembak ini juga sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan jembak sebagai bahan dasarnya. Kemudian tepung terigu dan juga bumbu-bumbu seperti bawang putih, garam, dan ketumbar. Usahakan tepungnya yang banyak supaya teksturnya jadi kenyal.

Adonan bakwan jembak. (Inibaru.id/ Laras Puspita)

Adonan bakwan jembak. (Inibaru.id/ Laras Puspita)

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencuci daun jembak hingga bersih, kemudian haluskan semua bumbu. Setelah itu, masukkan daun jembak dan bumbu ke dalam tepung terigu dan aduk rata. Setelah adonan jadi, maka langkah terakhir adalah menggorengnya. Saat menggoreng, pastikan minyaknya banyak supaya bakwan jembaknya jadi renyah. Selain itu, apinya juga harus besar agar bakwan nggak lembek.

Harga bakwan jembak di Pemandian Senjoyo ini sangat terjangkau, lo. Tiap satu bakwan jembak hanya dijual seharga Rp 500. Murah banget, kan? Tunggu apalagi, yuk cobain bakwan jembak khas Senjoyo! Sudah murah, endes, lagi. (Laras Puspita/E05)

 

Bakwan Jembak Senjoyo

Alamat                  : Desa Tegalwaton, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang

Jam buka              : 24 jam

Harga                   : Rp 500