5 Cara Kurangi Lemak pada Makanan agar Hidup Lebih Sehat

5 Cara Kurangi Lemak pada Makanan agar Hidup Lebih Sehat
Cermati kadar lemak dalam makanan agar hidup lebih sehat. (jacoblund.com)

Makanan dengan kandungan lemak tinggi biasanya memang terasa lebih gurih. Tapi tahu nggak sih, kadar lemak berlebih dalam tubuh bisa berdampak buruk bagi kesehatan lo.

Inibaru.id – Lemak dalam tubuh nggak selamanya jahat lo, Millens. Lemak juga bermanfaat untuk melarutkan mineral dan vitamin dalam tubuh. Kalau nggak ada lemak, nutrisi dalam tubuh nggak bisa terserap sempurna.

Meski demikian, kelebihan lemak dalam tubuh juga nggak baik. Kadar lemak yang berlebihan bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti penyumbatan pembuluh darah, gagal jantung, hingga obesitas.

Jangan khawatir! Ada beberapa tips untuk mengatur kadar lemak dalam tubuh agar nggak berlebihan. Simak yuk!

Atur Porsi Makan

Banyaknya porsi makanan berpengaruh juga pada banyaknya kadar lemak yang dikonsumsi tubuh. (thinkstock.com)

Semakin banyak makanan yang kamu konsumsi, semakin banyak juga kadar lemak yang akan diperoleh tubuhmu. Apalagi kalau kamu mengonsumsi makanan berminyak. Jangan kalap ya! He-he.

Atur Penggunaan Minyak Goreng

Minyak goreng berpengaruh pada kadar lemak makanan. (kumparan.com)

Nggak bisa dipungkiri kalau penggunaan minyak yang berlebihan saat memasak dapat berdampak buruk bagi tubuhmu. Untuk mengakalinya, pakai minyak goreng yang masih baru ya. Pilih juga minyak goreng yang mengandung kadar lemak paling rendah.

Cari Tahu Kadar Lemak dalam Makanan

Penting bagi kamu untuk tahu kandungan lemak dalam makanan yang akan dikonsumsi. (hellosehat.com)

Jangan malas untuk mencari tahu kandungan lemak dalam makanan yang akan kamu konsumsi, Millens. Mudah kok, kamu bisa mencari tahu dengan berselancar di internet. Waspadai makanan yang mengandung lemak tinggi seperti daging merah, produk susu, dan makanan berminyak ya!

Memanggang atau Mengukus Makanan

Makanan yang dipanggang atau dikukus nggak kalah nikmat lo. (journal.sociolla.com)

Nggak harus selalu digoreng, makanan juga bisa diolah dengan cara dipanggang atau dikukus lo. Misalnya ikan pepes atau ikan bakar. Rasanya nggak kalah sedap dan tentunya lebih rendah lemak.

Kurangi Mengonsumsi Kuning Telur

Kuning telur memiliki kandungan lemak yang tinggi. (shutterstock.com)

Memang sih kuning telur itu rasanya gurih banget. Tapi tahu nggak, kuning telur kaya akan lemak yang bisa berbahaya bagi tubuh lo. Lebih baik kurangi porsinya atau konsumsi bagian putih telurnya saja ya!

Makanan berlemak biasanya memang terasa lebih gurih dan nikmat. Eits, tapi kamu juga harus waspada terhadap dampak yang ditimbulkan sesudahnya ya. Jangan lupa atur lemak dalam tubuhmu agar tetap sehat! (IB10/E05)