Warna-warni Yangko, si Kue Moci dari Yogyakarta
Yangko dalam kemasan. (Mixmedia)

Warna-warni Yangko, si Kue Moci dari Yogyakarta

Sebagai panganan khas Yogyakarta, yangko menjadi makanan yang diburu wisatawan. Nggak hanya bakpia, makanan ini bakal melengkapi petualanganmu di Kota Pelajar. Seperti apa rasanya?

Inibaru.id – Yogyakarta nggak hanya bakpia, karena ada kue satu ini yang juga menarik jadi oleh-oleh. Yangko, demikian nama kue ini, menjadi salah satu camilan yang cukup populer. Kalau kamu bingung mencari buah tangan apa untuk keluarga, yangko bisa jadi pilihan yang tepat.

Kue yang terbuat dari beras ketan ini berasal dari Kotagede. Sekilas, bentuknya bakal mengingatkanmu pada kue moci khas Jepang. Kali pertama menyantapnya, rasa kenyal dan lembut bakal menyapamu. Kue ini rasanya manis lantaran dicampur dengan air gula.

Yangko memiliki rasa yang manis dan tekstur yang kenyal. (img-global.cpcdn)

Selain manis, aroma yangko juga wangi. Semula, yangko hanya dibuat dengan rasa kacang yang dikombinasikan dengan gula. Kemudian, supaya menjangkau konsumen lebih luas, pebisnis kemudian menambah varian rasa buah-buah seperti melon, stroberi, atau durian.

Tertarik mencicipinya? Belilah dan buktikan sendiri enaknya kue ini! Yangko biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 17 ribu hingga Rp 40 ribu. Kalau pengin bikin sendiri, bisa kok. Simak resepnya di Inibaru.id ya! He-he.

 

Hm, jadi pengin beli lagi, nih! Kira-kira, beli varian rasa apa ya, Millens? (IB10/E03)