Yang Legit dan Menggoda dari Pekalongan? Ya Kue Lumpang!

Yang Legit dan Menggoda dari Pekalongan? Ya Kue Lumpang!
Kue Lumpang (Instagram/RN.Kitchen)

Legit dan menggoda! Bentuk yang imut dan tekstur yang kenyal dijamin akan membuatmu tak tahan menjemba kue khas Pekalongan ini. Rasanya memang enak. Sekali coba, bisa jadi kamu bakal ketagihan.

Inibaru.id – Tahu rasanya, tapi tak tahu namanya! Inilah komentar sebagian orang yang mencicipi kue tersebut. Yap, Kue Lumpang namanya. Selain tak tahu namanya, banyak pula yang nggak tahu kalau kue itu berasal dari Pekalongan, Jawa Tengah.

Kue lumpang berbentuk bulat dan berwarna cokelat, walau ada yang berwarna hijau. Diberi nama lumpang karena kue tersebut berbentuk seperti alat penumbuk padi berbentuk bulat dengan lesung di tengahnya. Masyarakat Jawa menyebutnya lumpang.

Membuat kue lumpang tidaklah sulit. Tepung beras, tepung tapioka, gula aren, daun suji, garam, dan kelapa parut menjadi bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kue ini.

https://asset-a.grid.id/crop/0x0:0x0/x/photo/2018/09/13/289833673.jpg

Rasa manisnya begitu menggigit, lo. (Grid)

Untuk mendapatkan kue ini, kamu perlu mengubek-ubek pasar tradisional atau singgah ke toko kue. Dulu kue ini dijajakan secara keliling, Millens. Sayang, kue modern kemudian menggeser popularitasnya.

Pengin mengetahui selegit apa kue lumpang? Kamu bisa mendapatkanya di Toko Kue Nyonya Djoe yang berada di Jalan Sumatera, Kota Pekalongan. Selain di Pekalongan, kue tersebut juga umumnya bisa kamu dapatkan di pasar tradisional di Kabupaten Batang.

Nah, selamat mencoba! Kalau kisah hidupmu pahit, mungkin kue lumpang ini bisa menjadi pemanismu buat sementara waktu! Ha-ha. (IB15/E03)