Wisata Ke Dieng? Jangan Lupa Beli Oleh-Oleh Ini

Pesona Dieng di Wonosobo, Jawa Tengah seolah nggak akan pernah pudar. Tapi, jalan-jalan atau menikmati serunya festival di sana nggak akan lengkap rasanya tanpa berburu kuliner. Oleh-oleh juga wajib dibeli, lo!

Wisata Ke Dieng? Jangan Lupa Beli Oleh-Oleh Ini
Mi ongklok. (mahdaen.tv)

Inibaru.id – Selama Agustus belum berakhir, Dieng Culture Festival rasanya bakal enggan beranjak dari memori. Sempat ke sana nggak, Millens? Kalau di lain waktu kamu mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah, jangan lupa beli buah tangan dari sana.

Dieng adalah gudangnya makanan enak dan alami. Lantaran kondisi geografisnya yang berada di dataran tinggi, sebagian makanan di sana juga bisa menghangatkan tubuh, lo. Hm, apa saja, ya, kira-kira? 

Carica

Carica. (caricaku.com)

Buah carica mirip dengan pepaya gunung. Eits, tetapi carica nggak dijual berupa buah, lo. Carica diolah menjadi minuman kemasan dengan cup kecil yang mudah dibawa. Ini tentu cocok banget untuk dijadikan oleh-oleh! Ada pula yang dikemas dalam bentuk botol.

Kalau berminat dengan oleh-oleh ini, kamu bisa membelinya di sepanjang jalan Wonosobo, terutama pusat oleh-olehnya. Satu kotak carica berisi sekitar 6 cup dijual dengan harga sekitar Rp 22 ribu.

Mi Ongklok

Mi ongklok. (mahdaen.tv)

Doyan makan mi ongklok di warung-warung Wonosobo? Yuk, coba beli makanan tersebut untuk oleh-oleh! Sekarang ini, ada mi ongklok mentahan yang bisa kamu bawa pulang juga, lo! Beragam merek mi ongklok bisa kamu coba. Rasanya? Bikin ketagihan banget. Harganya juga terjangkau, kok, karena kamu cuma perlu merogoh kocek Rp 10 ribuan saja.

Teh Tambi

Teh tambi. (olehkhaswnsb.blogspot.com)

Teh tambi langsung dipetik dari perkebunan teh di daerah Wonosobo. Agar mutunya terjamin, teh tersebut diproses secara higienis. Hasilnya, tercipta teh kemasan yang beraroma kuat dan sedap. Teh tambi juga nggak akan membua barang bawaanmu jadi berat. Cocok, deh, untuk oleh-oleh!

Purwaceng

Purwaceng. (ayousaha.co.id)

Nah, ini minuman yang juga menjadi favorit! Purwaceng merupakan tanaman obat yang punya banyak manfaat, seperti menghilangkan masuk angin dan pegal linu, menghangatkan tubuh, dan melancarkan buang air kecil. Selain dijual dalam bentuk obat, purwaceng juga dijual dalam bentuk dan teh dan kopi kemasan, lo. Diminum hangat-hangat, hmm sedap!

Ayo, masukin ke dalam daftar belanjamu kalau ke Dieng, ya. Semakin bervariasi oleh-oleh yang kamu beli, orang-orang terdekat kamu juga pasti semakin senang. Betul, kan? Ha-ha. (IB08/E03)