Wedang Uwuh, Minuman Hangat Kesukaan Raja-Raja Mataram

Wedang Uwuh, Minuman Hangat Kesukaan Raja-Raja Mataram
Wedang uwuh. (Pinterest/sausanmuslimah)

Selain mampu menghangatkan badan, minuman kesukaan raja-raja Mataram ini juga dapat memberi banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Yap, apalagi kalau bukan wedang uwuh.

Inibaru.id – Di saat udara dingin menerpa, paling tepat rasanya jika menikmati minuman untuk menghangatkan badan. Bagaimana dengan wedang uwuh? Hm, minuman tradisional yang satu ini tampaknya merupakan pilihan yang tepat.

Karena berbahan dasar jahe, wedang uwuh tentu akan terasa hangat di badan. Selain jahe, dalam secangkir wedang uwuh kamu bisa menemukan daun cengkih, daun pala, kayu manis, dan kayu secang.

Bubuhan kayu secang itu akan membuat wedang uwuh berwarna merah nan khas. Kayu secang juga memberi manfaat untuk meredakan kembung dan masuk angin pada tubuh. Perpaduan rempah-rempah itu semakin lengkap dengan gula batu sebagai pemanis alami yang nggak bikin batuk.

Ilustrasi komposisi wedang uwuh. (Beepdo.com)

Fyi, jika diartikan wedang uwuh berarti minuman sampah. Istilah itu didapatkan dari banyaknya komposisi rempah dalam wedang uwuh. Meski dikonotasikan sebagai “sampah”, ragam rempah-rempah itu justru memberi khasiat yang baik untuk tubuh.

Selain menghangatkan tubuh, minuman yang berasal dari kawasan Imogiri Yogyakarta ini juga memberi khasiat lain untuk tubuh lo. Misalnya meredakan batuk, pegal-pegal, dan perut kembung.

Ada satu hal lagi yang perlu kamu tahu dari wedang uwuh nih, Millens. Wedang uwuh merupakan minuman kesukaan para sesepuh Kerajaan Mataram seperti ditulis Pegipegi.com, (23/1/2019).

Nggak heran jika sampai sekarang minuman ini masih menjadi kegemaran masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya. Yap, jika kamu sedang berada di Yogyakarta, kamu dapat menemukan wedang uwuh dengan mudah.

Segelas wedang uwuh. (Njogja.com)

Eits, tapi nggak hanya di Yogyakarta saja kok. Di daerah-daerah lain di sekitar Yogyakarta seperti Semarang kamu juga dapat menjumpai wedang uwuh. Beberapa penjaja wedang uwuh bahkan memodifikasinya dengan menambahkan susu atau jeruk nipis.

Harga wedang uwuh pun cenderung terjangkau, sekitar Rp 3 ribu hingga Rp 5 ribu saja. Nah, siapa bilang minuman enak dan sehat harus mahal? (IB10)