Wedang Asle, Minuman Manis dan Gurih yang Mengenyangkan

Pada semangkok wedang asle yang lezat, apa yang bakal kamu sendok untuk kali pertama? Ketan putihnya, rotinya, agar-agarnya atau justru meneguk kuah santannya?

Wedang Asle, Minuman Manis dan Gurih yang Mengenyangkan
Wedang Asle. (Ohayo)

Inibaru.id - Kamu mungkin bakal kesulitan menemukan penjual minuman ini di luar Kota Solo. Jadi, saat datang ke sana, sempatkanlah untuk menjajal semangkok wedang asle, wedang kebanggaan masyarakat Solo. Apa kamu sudah familiar dengan minuman ini, Millens?

Meski terkenal menjadi salah satu kuliner khas Solo, nyatanya wedang asle dulunya berasal dari Jawa Timur dengan nama wedang angsle. Namun, minuman ini justru berkembang dan terkenal di Solo dengan sebutan wedang asle.

Wedang Asle. (Tribunnews)

Saat menyantap wedang asle, nggak cuma rasa haus yang lenyap. Banyaknya isian di dalam wedang ini pastilah bikin perutmu kenyang juga. Hm, mari kita bedah apa saja yang ada di dalam semangkok wedang asle.

Wedang asle biasanya disajikan di dalam mangkok kecil lengkap dengan sendok bebek. Di dalamnya ada bulatan ketan putih yang sudah dikukus terlebih dahulu. Ada pula potongan roti tawarnya.

Wedang Asle. (Helmavania.wordpress)

Lalu, yang terlihat cantik berwarna pink adalah potongan agar-agar. Nah, semua isian itu kemudian diguyur santan panas yang rasanya manis dan gurih beraroma wangi pandan.

Oya, wedang asle khas Solo biasanya terdiri atas ketan, roti, dan agar-agar. Namun, di daerah lain, mungkin kamu bisa saja menemukan asle dengan isian yang lebih kaya lagi, seperti ada tambahan kacang hijau, ketan hitam, bubur mutiara, kacang tanah, kolang-kaling, dan lainnya.

Variasi lain dari Wedang Asle. (Tribunnews)

Nah, pas banget jika kamu menyantap wedang ini di malam yang dingin plus perut lagi lapar, kan? Eh, tapi wedang asle dengan tambahan es batu bisa saja kamu minum di siang hari yang panas, kok.

Yups, karena nggak selamanya yang namanya wedang itu hanya bisa disrutup panas-panas, kan? (IB20/E03)