Stop! 5 Makanan Ini Nggak Boleh Dipanaskan Kembali

Stop! 5 Makanan Ini Nggak Boleh Dipanaskan Kembali
Beberapa makanan yang dipanaskan kembali dapat menimbulkan masalah pada kesehatan. (shutterstock.com)

Kebiasaan memanaskan kembali makanan yang nggak habis wajar dilakukan oleh mayoritas orang. Padahal nggak semua makanan bagus untuk dipanaskan kembali, lo.

Inibaru.id – Pernah nggak sih kamu merasa sayang membuang makanan yang nggak habis dikonsumsi? Ujungnya kamu bakal memanaskan kembali makanan itu agar bisa dikonsumsi lagi. Eits, ternyata nggak semua makanan bagus untuk dipanaskan kembali lo. Misalnya lima makanan berikut ini.

Bayam

Meski sehat, bayam juga bisa berbahaya kalau dipanaskan kembali. (shutterstock.com)

Idntimes.com (3/11/2018) menulis, bayam mengandung zat besi, vitamin, dan serat yang tinggi. Bayam juga mengandung senyawa nitrat yang bisa menjadi zat karsinogen pemicu kanker jika dipanaskan kembali. Wah, seram juga ya.

Telur

Telur termasuk salah satu makanan yang nggak bagus jika dipanaskan kembali. (sajiansedap.grid.id)

Telur yang dipanaskan kembali dengan suhu yang tinggi bisa mengandung racun terutama pada bagian kuning telurnya lo. Racun itu bisa memicu gangguan sistem pencernaan dalam tubuh kamu. Duh!

Ayam

Ayam merupakan makanan ekonomis favorit hampir semua orang. (iStockphoto.com)

Makanan favorit hampir semua orang ini ternyata bisa berbahaya nih kalau dipanaskan kembali. Soalnya kandungan protein yang terkandung pada daging ayam bisa berubah menjadi zat pemicu gangguan pencernaan. Meski begitu, kamu tetap bisa memanaskan daging ayam asal dengan cara yang tepat. Gunakan api kecil agar panas dalam daging ayam merata ya!

Makanan yang mengandung santan

Makanan bersantan yang dipanaskan kembali dapat memicu kolesterol. (shutterstock.com)

Santan memang bikin masakan terasa lebih gurih ya, Millens. Tapi kamu harus lebih waspada nih. Kandungan lemak pada makanan bersantan bisa berubah menjadi lemak jahat jika dipanaskan kembali lo. Hal itu bisa memicu kolesterol pada tubuhnya. Duh!

Gorengan

Gorengan merupakan kudapan populer di kalangan masyarakat Indonesia. (iStockphoto.com)

Kamu tentu tahu dong kalau kudapan yang satu ini membutuhkan banyak minyak saat menggorengnya. Nah, kalau dipanaskan lagi tentu kandungan minyak pada gorengan akan semakin banyak kan? Kalau demikian, bahaya kolesterol bakal semakin menghantui tuh.

Meski alasannya hemat dan nggak mubazir, memanaskan kembali makanan ternyata bisa membawa dampak buruk bagi kesehatanmu. Agar makananmu nggak terbuang sia-sia, lebih baik jika memasak makanan dalam porsi yang pas ya, Millens. Selamat hidup sehat! (IB10/E05)