Warung Legendaris di Antara Solo-Jogja: Soto Mbok Dele

Warung Legendaris di Antara Solo-Jogja: Soto Mbok Dele
Soto Mbok Dele. (Tribunnews)

Banyak artis yang kerap makan di sini mungkin bakal meyakinkanmu bahwa kedai soto Mbok Dele ini enak!

Inibaru.id – Perjalanan panjang dari Solo-Yogyakarta tentu menimbulkan penat. Jika pengin rehat, bertandang ke warung soto Mbok Dele mungkin bisa jadi pilihan.

Lokasi tempat makan ini di tepi Jalan Solo-Jogja Km 8,4. Kuah sotonya bakal menyegarkanmu, berpadu dengan pelbagai pilihan lauk-pauk yang juga bakal memanjakanmu.

Kedai soto Mbok Dele berada di Dusun Klepu, Desa Jetis, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten. Bukan sembarang warung, tempat makan legendaris ini sudah berusia puluhan tahun dan menjadi langganan para artis.

Menurut pemilik warung, kedai ini biasa didatangi para artis seperti Duta Sheila on 7, Didik Nini Thowok, Yati Pesek, Marwoto, hingga Dono Warkop DKI.

Mbok Dele adalah warung legendaris yang didirikan buyut Supriyanto, Nyai Karto Wijoyo. Nama “Dele” diambil dari julukan Ngatinem, nenek dari Supriyanto, yang berperawakan kecil dan hitam serupa (maaf) “kedelai”.

Menurut Supriyanto, nggak ada resep spesial di warung yang dipercayakan kepada dirinya sejak 1997 itu. Secara garis besar, bumbu yang dipakai nggak jauh berbeda dengan bumbu kuah soto khas Solo dan Yogyakarta lainnya.

Yang membedakannya dari warung soto lain di sekitarnya adalah variasi lauk yang begitu beragam. Di sini jauh lebih komplet, seperti otak sapi goreng, iso dan babat goreng, hingga kapur (potongan kantong susu sapi yang digoreng).

Nah, kalau kebetulan melintas di depan warung ini, mampirlah! Rehatlah sejenak, lalu lanjutkan perjalananmu setelah nyoto! Ha-ha. (IB20/E03)

Tags :