Warung Asem-Asem Koh Liem, Kedai Aneka Makanan Sedap dan Oleh-Oleh Lengkap
Warung Makan Asem-Asem Koh Liem, salah satu kedai tertua yang masih eksis hingga sekarang. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Warung Asem-Asem Koh Liem, Kedai Aneka Makanan Sedap dan Oleh-Oleh Lengkap

Warung Makan Asem-Asem Koh Liem nggak hanya menyediakan asem-asem spesialnya. Salah satu kedai makanan kuliner yang cukup tua di Semarang ini juga menyediakan oleh-oleh menarik yang bisa kamu bawa pulang.

Inibaru.id – Kedai asem-asem satu ini cukup kondang di Semarang, kondang rasa dan bumbu spesialnya. Alhamarhum Bondan Winarno pencinta kuliner yang terkenal dengan tagline “maknyus” pun pernah berkunjung kemari. Warung Asem-Asem Koh Liem namanya.

Beralamat di Jalan Karanganyar No. 28 Semarang, letaknya nggak begitu jauh dari pasar tradisional warga dan dekat dengan SMA Kolese Loyola Semarang. Ketika saya datang pada pukul 11-an siang, Jumat (31/1), kursi-kursi di warung sudah banyak yang terisi. Pengunjung kebanyakan keturunan Tionghoa dan dari penampilannya tergolong kelas berkecukupan.

Sering dikunjungi oleh orang-orang dari luar kota. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)<br>
Sering dikunjungi oleh orang-orang dari luar kota. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Ruang memanjang dengan meja berbentuk L menjadi "titik" utama. Di atasnya beraneka makanan tersedia. Dari olor goreng (telur dadar dicampur sumsum sapi), rempeyek udang, tahu isi, dan lain-lain membuat mata kalap untuk mencicipinya.

Ada pula beraneka macam oleh-oleh yang bisa dibawa pulang, termasuk slondok, manisan mangga, bandeng presto, kue piya, kerupuk udang, kerupuk tengiri, kue chocoo balls, dan lain-lainnya.

Asem-asem yang menjadi ciri khas warung Koh Liem. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)
Asem-asem yang menjadi ciri khas warung Koh Liem. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Eits, jangan keburu membeli yang yang dipajang-pajang dulu, karena di sini ada menu spesial asem-asem yang legendaris dari Koh Liem dan istrinya. “Bumbu asem-asem warisan Mamah dan Papah saya sejak 1978,” kata Harti, anak nomor dua dari Koh Liem yang kini mengelola warung.

Dia melanjutkan selain asem-asem, menu lain yang istimewa adalah Kikil Lombok Ijo. Ada pula makanan-makanan seperti Sate Babi, Kekian, Swike Goreng, Ca Jay Siem, serta minuman-minuman tradisional semacam Kunir Asem, Beras Kencur, dan Cincau Simbok.

Aneka makanan dan oleh-oleh enak. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)
Aneka makanan dan oleh-oleh enak. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Melihat beragamnya menu yang disediakan, nggak heran warung ini sangat ramai dan banyak dikunjungi orang dari luar kota. Itu yang saya amati dari mobil-mobil berplat B (Jakarta) dan G (Pekalongan) yang terparkit. Kalau mau berkunjung, jangan mepet pas warung mau tutup ya, sayang kalau makanan incaranmu habis.

“Warung buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai lima sore. Ramainya di antara jam-jam sarapan dan siang. Yang datang juga dari macam-macam kota,” ucap Harti.

Siapkan uang yang cukup tebal juga ya, Millens. Harga satu menu makanan di sini berkisar antara Rp 15 ribu hingga Rp 50 ribu. Selamat mencoba! (Isma Swastiningrum/E05)