Menyantap Menu Zadul di Waroeng Jadoel Temanggung

Menyantap Menu Zadul di Waroeng Jadoel Temanggung
Aneka sajian tertata rapi dalam toples yang khas. (Instagram/arioardhi)

Warung sederhana ini mampu bertahan dalam rasa yang otentik selama sekitar 200 tahun lamanya. Ini menandakan bahwa rasa dan kualitasnya nggak perlu diragukan lagi, bukan?

Inibaru.id – Di antara banyaknya tempat makan berkonsep modern dan instagenik, nggak kalah banyak juga tempat makan legendaris yang mampu bertahan dalam puluhan hingga ratusan tahun. Salah satunya dapat kamu temui di Kabupaten Temanggung.

Namanya Waroeng Jadoel. Warung sederhana yang buka 24 jam ini berlokasi di Jalan Jenderal Soedirman No 102, Temanggung. Warung ini sudah ada sejak 1800-an dan dikelola secara turun-menurun.

Saat ini Waroeng Jadoel dikelola oleh generasi ketiga. Eits, meski dikelola oleh tangan-tangan yang berbeda, kenikmatan menu di sana tetap nggak berkurang, kok. Wajar saja jika warung legendaris ini tetap eksis meski banyak tempat makan lain bermunculan.

Aneka sajian di Waroeng Jadoel. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Ada beberapa menu andalan yang bisa kamu lahap di Waroeng Jadoel. Misalnya, ada tempe dan tahu bacem, sayur gori (nangka muda), opor ayam kampung, dan tongkol lombok ijo. Melahap menu-menu sederhana itu seakan dapat membawa kenanganmu kembali ke saat menyantap hidangan di rumah nenek.

Minuman andalan juga ada lo, Millens. Pesanlah teh gula aren atau teh Tambi. Keduanya diseduh dari daun teh lokal sehingga rasanya tentu nggak perlu diragukan lagi.

Suasana di Waroeng Jadoel. (Tribunnews/Rendika Ferri)

Kamu nggak pengin makan berat? Bisa juga kok menyantap berbagai kudapan tradisional yang juga dijajakan di sana. Sebut saja onde-onde, ketan, pisang rebus, klepon, lentho, dan cothot. Aneka jajanan pasar itu ada di warung yang menerima penghargaan dedikasi kebudayaan kuliner dari Disbudpar Temanggung pada 2017 ini.

Baca Juga: Pertahankan Resep Ndeso Selama Seabad, Waroeng Jadoel di Temanggung Jadi Destinasi Kuliner Wajib

Satu lagi nih, berkuliner ria di Waroeng Jadoel nggak akan membuat kantungmu jebol. Menu makanan paling mahal dihargai Rp 10 ribu saja. Sedangkan untuk minuman paling mahal dihargai Rp 3.000. Terjangkau kan?

Kudapan tradisional tersedia di Waroeng Jadoel. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Kalau kebetulan lewat atau berada di Temanggung, nggak ada salahnya melipir sejenak ke Waroeng Jadoel. Mencicip rasa-rasa legendaris tentu akan menjadi satu pengalaman seru, bukan? (IB10/E03)