Viral Mendoan Stroberi Purbalingga, Gimana Rasanya, Ya?

Viral Mendoan Stroberi Purbalingga, Gimana Rasanya, Ya?
Mendoan stroberi Purbalingga, tertarik untuk mencobanya? (IDZ Creator Community/ Rizki Taufiqul)

Pernah nggak terpikir ada makanan berupa mendoan stroberi di Purbalingga? Kombinasi asin mendoan dipadukan dengan asamnya stroberi. Hm, rasanya jadi gimana, ya?

Inibaru.id – Belakangan ini di media sosial, tepatnya di akun Twitter @FOODFESS2 sedang viral penganan mendoan stroberi. Dari namanya saja kamu sudah tahu seperti apa rupanya. Yap, mendoan yang merupakan gorengan tempe dengan tepung khas area Banyumas ini diberi tambahan buah stroberi yang memiliki kombinasi rasa manis dan asam. Hm, jadi penasaran ya seperti apa rasa dari makanan yang nggak biasa ini.

Salah satu wilayah di mana kamu bisa menemukan mendoan dengan mudah adalah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Nah, di kabupaten yang dikenal dengan banyaknya tempat wisata alam ini, diperkenalkan mendoan stroberi sejak beberapa tahun lalu. Kabarnya sih hal ini gara-gara banyaknya stroberi yang dipanen di sana. Jadi, warga sekitar kepikiran deh mengolahnya jadi campuran mendoan yang sudah lebih dahulu membudaya di sana.

Kalau kamu pengin mencicipinya, datang saja ke Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Purbalingga. Di desa dataran tinggi dengan elevasi sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini, banyak warung yang menjajakan mendoan yang nikmat dikonsumsi saat hangat dan dikombinasikan dengan teh hangat juga ini.

“Banyak yang jual (mendoan stroberi) di sekitar situ. Karena Serang itu dataran tinggi, banyak petani stroberi. Akhirnya dimanfaatkan untuk dikombinasikan dengan mendoan,” ungkap salah seorang warga Purbalingga, Feby Nurlitasari.

Mendoan Stroberi banyak dijual di Lembah Asri Serang, Purbalingga. (IDZ Creator Community/ Rizki Taufiqul)
Mendoan Stroberi banyak dijual di Lembah Asri Serang, Purbalingga. (IDZ Creator Community/ Rizki Taufiqul)

Menurut Feby pula, popularitas mendoan stroberi sudah naik di Purbalingga sejak kali pertama diperkenalkan pada 2017. Yang mengawalinya adalah para penjual jajanan di rest area yang ada di Agrowisata Lembah Asri Serang, salah satu tempat wisata andalan di Purbalingga.

Harga mendoan stroberi di sana sih nggak mahal-mahal banget, Millens. Kamu bisa kok mendapatkannya dengan membayar Rp 1.000 – Rp 2.000 per sajian. Ada juga yang menjualnya per porsi.

Contohlah, Kedai Daryanti yang juga ada di Lembah Asi Serang menjualnya dengan harga Rp 13 ribu dengan isi 7 sampai 8 potong mendoan, Millens. Sayangnya, mendoan stroberi ini nggak selalu bisa didapatkan setiap waktu. Maklum, kalau nggak lagi sedang musim panen, stroberi juga nggak tersedia.

Konon, rasa dari mendoan stroberi ini unik. Sensasi asin dari mendoan bercampur dengan asam dari stroberi. Ditambah dengan cabai atu sambal kecap yang memang sudah jadi sajian tambahan dari mendoan, rasanya pun semakin mantap.

Nah, sudah tahu kan harus ke mana kalau kamu pengin mencicipi mendoan stroberi, Millens? Datang saja ke Purbalingga, ya? Tepatnya di Serang! (Kom/IB09/E05)