Usai Oseng Mercon dan Kacang Atom, Kini Juga Ada Kacang Listrik!

Usai Oseng Mercon dan Kacang Atom, Kini Juga Ada Kacang Listrik!
Kacang listrik Jepara. (Bukalapak)

Nggak hanya kacang atom dan oseng mercon yang punya nama unik. Di Jepara, ada kacang listrik,lo. Proses pembuatannya juga sangat nggak biasa karena menggunakan pasir pantai!

Inibaru.id – Orang Indonesia sepertinya bisa jadi juara di kategori penamaan makanan yang bombastis. Sebut saja oseng mercon dan kacang atom yang digemari banyak orang. Satu lagi nama yang nyeleneh yaitu kacang listrik. Jajanan ini bisa ditemukan di Jepara.

Jadi penasaran ya, kok bisa diberi nama kacang listrik? Apa karena diolah dengan oven tenaga listrik atau kacang ini harus disetrum dengan listrik agar bisa matang? Ternyata bukan Millens. Kacang ini ternyata hanya disangrai dengan pasir. Namun, pasir yang dipakai buat menyangrai kacang pipilan ini beda karena berupa pasir pantai putih. Hm, pasirnya saja spesial gini, ya?

Bumbu yang dipakai untuk mengolah kacang listrik ini adalah bawang putih, gula, dan garam. Jadi, bisa dipastikan deh rasa kacang listrik ini gurih. Menariknya, karena disangrai dengan pasir panas, kacang ini bebas minyak sehingga cocok untuk dijadikan camilan diet, deh.

Nah, sebelum disangrai di pasir putih pantai yang sudah disterilkan sebelumnya, kacang pipilan ini dilumuri bumbu dulu, Millens. Oya, proses menyangrai kacang ini lumayan lama, yakni 45 menit. Ingat ya, jangan asal menyentuh pasirnya karena sangat panas dan bisa bikin kulitmu terbakar.

Kacang listrik disangrai dengan pasir putih pantai! (Instagram/ @suryaformosa83)
Kacang listrik disangrai dengan pasir putih pantai! (Instagram/ @suryaformosa83)

Kelebihan dari proses menyangrai kacang di dalam pasir ini adalah mampu membuat kandungan minyak alami di dalam kacang justru terserap oleh pasir. Dengan begitu, kacang jadi lebih sehat dikonsumsi juga terasa lebih renyah. Kadar kalorinya juga jadi nggak tinggi.

Soal alasan mengapa kacang ini disebut dengan kacang listrik, sebenarnya hal ini untuk kepentingan promosi saja. Layaknya kacang atom, kacang listrik tentu bakal lebih mudah diingat pelanggan karena nama yang cukup unik. Apalagi, sebutan lain dari kacang ini, yakni kacang oven, sepertinya juga kurang tepat karena proses pengolahannya nggak melibatkan oven pada umumnya.

Kalau kamu ke Kabupaten Jepara, bisa kok menjadikan kacang listrik ini sebagai oleh-oleh. Biasanya sih sudah dikemas di dalam kemasan dengan ukuran 250 gram – 500 gram. Soal harga, dijamin terjangkau  yaitu antara Rp 12 ribu sampai Rp 27 ribu.

Oya, kacang listrik ini juga nggak melulu yang rasanya gurih, Millens. Ada juga varian pedas. Kalau soal mana yang lebih enak, itu tergantung selera.

Jadi, kapan nih kita coba kacang listrik yang nggak membuatmu kesetrum ini? (Sol/IB09/E05)