Trio Nasi Khas Timur Tengah dalam Satu Loyang yang Patut Kamu Coba di Resto Khoja

Trio Nasi Khas Timur Tengah dalam Satu Loyang yang Patut Kamu Coba di Resto Khoja
Nasi kebuli, nasi biryani, dan nasi mandhi dalam satu loyang di Resto Khoja. (Inibaru.id/ Annisa Dewi)

Dalam satu loyang, tiga jenis nasi khas Timur Tengah ini tersaji. Biryani, mandi, dan kebuli. Ketiganya bisa kamu nikmati di Resto Khoja Semarang. Seberapa menarik?

Inibaru.id – Menyantap nasi biryani (atau biriani) dalam satu loyang bersama satu atau dua teman laiknya orang Arab Yaman bukanlah pemandangan baru di Tanah Air. Pun demikian dengan nasi kebuli dan nasi mandi. Sejumlah restoran di Indonesia telah menawarkannya.

Namun, bagaimana jika tiga menu khas Timur Tengah itu disajikan dalam satu loyang besar untuk bersama? Inilah yang bisa kamu nikmati di Resto Khoja Semarang. Menu 3 in 1 nan unik itu tersaji lengkap dengan "uborampe"-nya.

Satu loyang berukuran sedang dibagi menjadi tiga bagian sama besar: nasi kebuli, biryani, dan mandi. Menu itu disajikan plus dua jenis sambal, yakni sambal hijau pedas dan sambal merah tomat yang nggak pedas.

Nasi mandhi disajikan dalam satu loyang di Resto Khoja. (Inibaru.id/ Annisa Dewi)

Dalam loyang itu, nasi mandi disajikan dengan daging domba panggang dan acar yang terdiri atas nanas dan timun. Ada pula irisan kacang almon yang ditebar di atasnya, lalu dipercantik dengan separuh lombok hijau besar yang diiris memanjang.

Sementara, nasi biryani disajikan dengan daging kambing nan empuk, semacam sambal matah, irisan bawang bombay, dan emping.

Terakhir adalah nasi kebuli. Makanan penuh rempah itu ditata dengan lauk sapi ungkep, telur bebek bacem, sambal goreng ati, dan acar.

Oh iya, Resto Khoja menggunakan nasi basmati dari India yang lebih kecil dan panjang untuk biryani dan mandi. Sementara, nasi kebuli yang cukup familiar bagi lidah orang Indonesia dibuat dari beras lokal pilihan.

Nasi kebuli disajikan dalam satu loyang bersama nasi mandi dan nasi biryani di Resto Khoja. (Inibaru.id/ Annisa Dewi)

Proses menanak nasi ini juga beda, Millens. Agar menyerupai aslinya, ketiga nasi tersebut ditanak dengan  campuran yoghurt supaya rasanya lebih enak. Pemilik Resto Khoja Popy Maryani mengatakan, nasi khas Arab biasanya memakai susu, tapi dia memilih menggantinya dengan yoghurt.

“Saya bisa saja pakai susu, tapi pelanggan lebih banyak yang suka pakai yoghurt. Kata mereka lebih segar, gitu,” akunya.

(Baca Juga: Biryani, Kebuli, dan Mandi di Satu Loyang, Menikmati Ketiganya dengan Satu Harga)

Hm, menarik sekali, ya! Penasaran gimana rasanya? Datang saja ke Resto Khoja yang beralamat di Pekunden Semarang. Soal harga, baca ulasan saya selanjutnya, ya! (Ida Fitriyah/E03)

 

Resto Khoja

Kategori                : Restoran

Alamat                  : Jalan Pandanaran 1 No 33 Pekunden, Semarang Tengah, Semarang

Jam Buka              : Setiap hari (kecuali Lebaran) pukul 09.00-21.00 WIB

Harga Makanan     : Rp 11.000 s.d. Rp 217.000

Harga Minuman     : Rp 3.500 s.d. Rp 39.500