Tower Cafe, Tempat Nongkrong 24 Jam yang Asyik buat Keluarga

Tower Cafe, Tempat Nongkrong 24 Jam yang Asyik buat Keluarga
Burung dara sambal goreng bawang, salah satu menu baru di Tower Cafe. (Inibaru.id/ Ayu S Irawati)

Mau makan bareng keluarga di kafe yang memiliki konsep garden? Datang ke Tower Cafe saja, yuk!

Inibaru.id – Mau makan bareng keluarga, tapi nggak pengin ke tempat makan berkonsep mewah? Kalau iya, Tower Cafe merupakan tempat yang cocok banget buat kamu. Hm, memang seperti apa?

Yup, kendati berlokasi dekat kampus, Tower Cafe merupakan kafe ramah keluarga. Mulanya, kafe ini memang ditujukan untuk mahasiswa. Namun, kini kafe 24 jam tersebut mulai merambah ke family cafe. Karena itu, menu-menu yang disajikan pun yang sesuai dengan minat semua umur, terutama menu lokal dan menu tradisional.

Bagian depan Tower Cafe. Kafe ini memiliki halaman parkir yang luas. (Inibaru.id/ Ayu S Irawati)

Menu yang tersedia di antaranya adalah aneka olahan ayam, cumi, udang, sapi, dan spaghetti.

Pengelola Tower Cafe Yayan Supardi mengatakan, penambahan menu itu dilakukan karena semakin banyak pengunjung keluarga yang datang, sementara menu yang mereka miliki kurang cocok untuk mereka.

“Nah, tingkat kekecewaan yang tinggi karena menu yang nggak cocok itulah yang bikin kami mencoba mengaplikasikan menu yang cocok dengan keluarga, yaitu menu rumahan,” kata dia.

Dinding-dinding kafe ini dihiasi tanaman. (Inibaru.id/ Ayu S Irawati)

Kini, Tower Cafe kerap menjadi pilihan tempat untuk pelbagai acara keluarga, arisan ibu-ibu, acara kelompok pengajian, dan lain-lain. Sebagai upaya untuk memperkuat konsep family, para pengelola Tower Cafe juga melakukan pendekatan langsung ke rumah-rumah warga untuk menawarkan tempat dan menu.

“Kita mencari link di Instagram dan Facebook. Sasarannya 35 tahun ke atas,” tambah Yayan.

Live Music

 Mini stage di Tower Cafe. (Inibaru.id/ Ayu S Irawati)

Nggak kalah dengan kafe-kafe lain, Tower Cafe juga menyuguhkan live music setiap Jumat, Sabtu, dan Minggu. Nah, karena lebih mengarahkan segmentasi pada keluarga, musik yang disajikan pun disesuaikan, misalnya oldies but goldies sebagai hiburan.

Tower Cafe memilih musik solo organ. Kafe tersebut sudah menyediakan player, mikrofon, dan sound system, lo. Jadi, performer tinggal bawa alat musik saja!

“Dulu akustik, tapi banyak pengunjung yang request biar musiknya ke arah keluarga,” tutur Yayan.

Nah, kalau pengin makan sambil menonton live music, langsung datang saja, ya! Pada Jumat dan Sabtu, live music berupa musik keroncong dimulai pukul 20.00 hingga 23.00 malam. Sementara, pada hari Minggu, musik terkadang ditampilkan pukul 12.00 – 16.00 atau 20.00 – 23.00, dengan jenis musik all round.

Konsep Garden

 Kafe ini memiliki konsep outdoor. (Inibaru.id/ Ayu S Irawati)

Kafe yang berdiri sejak 16 September 2016 ini memiliki konsep garden. Jadi, kamu bakal menemukan banyak tanaman dan pepohonan di sini. Selain itu, Tower Cafe juga mengedepankan konsep ramah lingkungan. Meja kursi yang dipakai adalah meja kursi bekas. Hiasan lampu-lampunya pun dibuat dari botol bekas.

Oya, musala dan toiletnya dibangun dari bambu, lo. Unik, ya?

Makan siang di halaman terbuka di Tower Cafe. (Inibaru.id/ Ayu S Irawati)

Perlu kamu tahu, bagian depan kafe merupakan bangunan beratap dengan konsep semi-outdoor. Sementara, bagian belakang terdiri atas dua konsep, yakni outdoor dan semi-outdoor. Sst, yang seru, konsep outdoor-nya benar-benar “outdoor banget”! Alasnya masih berupa tanah, serta ada banyak tanaman dan pepohonan. Rasanya kayak sedang berada di kebun! He-he.

Oya, bagian belakang ini terdiri atas 2 lantai. Dari lantai atas, kamu bisa melihat pemandangan di sekitar kafe. Asyik, lo.

Yuk, ke sini bareng keluarga! (Ayu S Irawati/E03)

 

Tower Cafe

Kategori            : Restoran

Alamat              : Jalan Banjarsari Selatan No. 49 B, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah

Jam Buka          : 24 Jam

Harga Makanan  : Rp 12.000 s/d Rp 33.000

Harga Minuman  : Rp 6.000 s/d Rp 17.000