Roti dan Kletikan Zadul yang Berjajar Rapi di Toko Roti Ganep Solo
Roti kecik, salah satu jajanan yang ada di Toko Roti Ganep Solo. (Kluyuran)

Roti dan Kletikan Zadul yang Berjajar Rapi di Toko Roti Ganep Solo

Di tempat ini, kamu bakal menemukan pelbagai kletikan zadul yang cocok untuk kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh orang rumah.

Inibaru.id – Jika Purwokerto punya Toko Roti Go yang konon telah berusia lebih dari seabad, Kota Solo punya bakery bernama Toko Roti Ganep yang juga menyejiakan pelbagai penganan zadul. Hm, ada yang pernah ke sini?

Berada di Jalan Sultan Syahrir No 176, Setebalen, Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah, Toko Roti Ganep dipercaya sebagai toko roti tertua di kota budaya tersebut. Menilik sejarahnya, toko yang didirikan Tjang Tiang San dan Auw Like Nio ini sudah beroperasi sejak 1881. Hm, jauh sebelum Indonesia merdeka!

Toko Roti Ganep Solo. (Instagram/queenaning_rd)

Nggak hanya menjadi bagian dari masyarakat Solo sejak lama, toko ini juga punya pertalian dengan Pakubuwana X. Nama "Ganep" yang berarti sehat dan lengkap adalah pemberian dari raja Surakarta tersebut.

Roti Basah hingga Kering

Menyambangi Toko Ganep, kamu bisa menjajal roti basah seperti roti santan, roti pisang, hingga roti keju. Selain roti basah, Toko Ganep juga menjual bolu kering, stik krakers, sus kering, serta kue-kue lain. Salah satu roti kering yang kamu perlu coba adalah roti kecik yang sejak lama menjadi oleh-oleh khas Solo.

Nggak cuma roti kecik, kletikan seperti ampyang, karak, intip, peyek, criping, hingga abon bisa kamu borong sebagai oleh-oleh sepulang dari Solo.

Roti kecik. (Instagram/rotiganep_tradisisolo)

Karena tetap menjaga kualitas produknya, nggak heran toko ini berhasil bertahan sampai sekarang. Toko Roti Ganep sudah dikelola lima generasi, lo. Hm, toko ini punya sejarah panjang ya!

Pengin membeli oleh-oleh di sana? Datang saja pukul 06.00 WIB! Toko ini biasanya buka hingga pukul 21.00 WIB. Eh, sebelum memborong, ingat dulu satu hal: Jangan lupa bawa dompet ya! Ha-ha. (IB15/E03)