Pengin Kue Lebaranmu Tahan Lama? Coba Tips Ini!

Pengin Kue Lebaranmu Tahan Lama? Coba Tips Ini!
Kue Lebaran. (Wartasolo.com)

Wah, Lebaran tinggal menghitung hari saja nih, Millens. Pasti kue keringmu sudah tersedia. Nah, agar nggak cepat melempem, coba ikuti tips berikut.

Inibaru.id – Kue kering adalah salah satu makanan ringan yang menjadi suguhan saat Idul Fitri. Mulai dari kue putri salju, lidah kucing, nastar, kastengel, dan lain-lain bakal kamu temui di meja-meja ruang tamu di setiap rumah. Saking seringnya tamu berkunjung di rumah, biasanya kamu nggak memperhatikan keadaan kue keringmu. Terkadang kue kering itu nggak ditutup rapat sehingga mudah lembek.

Nah, agar kuemu nggak cepat lembek, coba deh beberapa tips berikut.

Dinginkan Kue Sebelum Disimpan

Bila kamu membuat kue secara mandiri, jangan langsung masukkan kue buatanmu yang sudah matang ke toples ya, Millens. Uap panas pada kue yang masih hangat akan membuat lembab toples sehingga kue cepat melempem dan rusak saat disimpan. Ada baiknya diamkan kue hingga benar-benar kering dengan cara diangin-anginkan di suhu ruangan.

Pisahkan Jenis Kue

Kamu sebaiknya memisahkan jenis kue menjadi dua kelompok yakni kue kering bertekstur renyah dan bertekstur lembut. Simpan kue tersebut secara terpisah. Gunakan toples kaca yang kedap udara untuk menyimpan kue kering renyah seperti kue semprong, kuping gajah, atau lidah kucing. Sementara untuk kue lembut seperti kastengel dan nastar, kamu bisa gunakan wadah plastik. Namun, perlu diingat ya, keadaan toples harus kering.

Beri Silica Gel atau Garam Kemasan

Kamu bisa memberi silica gel pada setiap toples kue keringmu. Silica gel berfungsi untuk menjaga kelembapan di dalam toples. Nggak perlu banyak-banyak ya, kamu hanya perlu memberinya satu bungkus kecil untuk satu toples.

Silica gel ini bisa kamu beli di toko bahan kue. Selain silica gel, kamu bisa juga memanfaatkan garam dalam kain lalu ikat secara rapat dan masukkan ke dalam toples.

Simpan Kue di Tempat Kering

Setelah ditata dengan cantik di dalam toples, simpan kue keringmu di tempat yang kering dan jauh dari paparan sinar matahari langsung. Ini penting untuk menjaga kualitas kuemu tetap baik dan jauh dari jamur.

Masukkan ke Dalam Kulkas

Dengan menyimpan kue kering ke dalam freezer, kamu bisa membuat kue kering awet hingga 6 bulan ke depan lo,  Millens. Sebelum dimasukkan, pastikan dulu wadah penyimpanannya menunjang untuk diletakkan dalam freezer. Pastikan juga wadah tertutup rapat sehingga nggak merusak rasa dan bau kue.

Simpan Saja Kuemu

Terakhir, kalau kamu pengin kuemu tahan lama ya simpan saja kue keringmu di tempat rahasia. Makan kuemu saat nggak ada orang jadi nggak ada yang tahu kalau kamu punya kue. Dengan begitu kuemu bakal bertahan lama selama kamu nggak sering-sering memakannya.

Selamat memakan kue kering sampai bosan. (IB07/E04)