Tips Mudah Menjaga Kesegaran Buah Apel

Tips Mudah Menjaga Kesegaran Buah Apel
Apel segar. (Healthied)

Apel yang kondisinya bagus pastilah bikin kita kepengin untuk buru-buru menggigitnya. Sayangnya, jika cara menyimpannya keliru, apel akan mudah kisut dan nggak segar lagi.

Inibaru.id - Apa kamu penyuka buah apel? Di rumah, sering mendapati buah satu ini kisut dan membusuk sia-sia sebelum habis kamu makan? Sayang sekali ya, jika sudah dibeli mahal-mahal, tapi apel harus dibuang karena sudah nggak bisa dimakan?

Sebelum membelinya, sebaiknya kamu bisa membedakan apel yang baik dengan yang nggak di toko buah. Apel yang baik indikasinya adalah keras ketika ditekan. Jika ada bagian apel yang lunak dan berwarna gelap, itu tandanya mengalami pembusukan. Selain itu, apel yang bagus memiliki warna yang cerah, segar, dan nggak kusam.

Nah, agar tetap renyah dan segar, buah yang kaya vitamin A dan C ini harus disimpan dengan benar. Cara menyimpannya nggak susah, kok. Nggak masalah jika selama ini kamu terbiasa menyimpan apel hanya dengan menaruhnya di atas meja. Tapi, kamu harus tahu kesegarannya dalam suhu ruang cuma bisa bertahan selama empat sampai lima hari.

Apel segar. (Healthline)

Sebaiknya kamu menaruhnya di dalam lemari es, terutama di laci yang biasanya berada di bawah karena apel bisa bertahan hingga dua minggu. Suhu yang cocok agar kesegaran apel dapat bertahan lama adalah 31 sampai 35 derajat Fahrenheit ya, Millens. Jika kurang dari itu, apel bisa membeku. Jangan lupa, sebelum menyimpannya ke dalam kulkas, cuci dan keringkan buah apelnya.

Menaruh apel juga nggak boleh sembarangan. Karena buah ini memiliki sifat mudah menyerap aroma makanan lain, maka jauhkanlah dari makanan berbau tajam seperti bawang, durian, dan daging.

Potongan apel. (Thevegetarianginger)

Apel juga mengandung zat etylhene yang bisa bikin sayuran dan buah lain cepat matang dan busuk. Lalu, buah dan sayur yang membusuk akan mempengaruhi kualitas apel sehingga cepet layu. Jadi, sebaiknya kamu menyimpan apel di dalam wadah yang kering dan terhindar dari sinar matahari langsung.

Oya, kamu juga bisa membungkusnya dengan koran yang berfungsi sebagai penyerap air. Okey, Millens? (IB20/E05)