Supaya Awet, Begini Cara Menyimpan Makanan Bersantan

Supaya Awet, Begini Cara Menyimpan Makanan Bersantan
Cara menyimpan makanan bersantan. (Warungdaging)

Bagi sebagian orang, makanan bersantan adalah makanan favorit yang mesti ada setiap waktu. Namun, makanan bersantan cenderung lebih cepat basi sehingga harus disimpan dengan cara yang tepat agar tahan lama.

Inibaru.id – Di Indonedia, ada banyak jenis makanan bersantan yang selalu hadir di acara-acara penting. Sebagai contoh, kamu mengenal opor dan sambal goreng ati yang sering disajikan saat Lebaran tiba. Nah, karena dimasak untuk acara penting, makanan bersantan itu dibuat dalam jumlah yang banyak sehingga nggak habis dikonsumsi dalam sekali makan.

Kalau sudah begitu, makanan bersantan bakal disimpan dan dihangatkan kembali saat hendak disantap. Namun, perlu teknik khusus untuk menyimpan makanan bersantan, Millens. Bila cara penyimpananmu salah, makanan bersantan ini lebih cepat basi sehingga nggak layak lagi dikonsumsi.

Glitzmedia.co, Minggu (26/6/2016) menulis ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menyimpan makanan bersantan agar awet dan nggak mudah basi.

Simpan di Dalam Kulkas

Menyimpan makanan di kulkas. (Sociolla)

Setelah disajikan di atas meja makan dengan suhu ruangan, segera tempatkan makanan bersantan di wadah tertutup. Selain itu, tutuplah bibir panci dengan plastic wrap, kemudian simpan di dalam kulkas.

Hangatkan Dulu Sebelum Disimpan

Hangatkan makanan bersantan sebelum disimpan. (Bujinfo)

Sebelum disimpan di dalam kulkas, pastikan untuk memanaskan makanan bersantan terlebih dahulu agar nggak mudah basi. Setelah dipanaskan, makanan bersantan sebaiknya tidak diaduk karena hal ini bisa membuatnya menjadi lebih cepat basi. Jika kamu nggak sengaja mengaduk, pastikan untuk memanaskannya kembali sebelum menyimpannya.

Simpan di Bagian Freezer

Menyimpan makanan bersantan di freezer. (Roigunawan)

Jika kamu berencana mengonsumsi makanan bersantan ini dalam waktu dua hari setelahnya, ada baiknya kamu memasukannya ke dalam bagian freezer. Hanya saja, pastikan makanan sudah disimpan di dalam wadah yang tertutup rapat dan dibungkus dengan plastik tebal. Eits, tapi jangan simpan makanan bersantan terlalu lama ya, Millens. Usahakan jangan menyimpan makanan bersantan di freezer selama lebih dari seminggu.

Wah, anak kos yang sering dikirimi bekal perlu tahu nih! Jangan sampai bekal makanan bersantan buatan ibu cepat basi gara-gara salah cara menyimpannya. (IB09/E04)