Tips Dasar Bikin dan Simpan Sushi Agar Bertahan Lama

Tips Dasar Bikin dan Simpan Sushi Agar Bertahan Lama
Yuk membuat sushi sendiri. (inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Bagi kamu yang nggak biasa membuat sushi, pasti merasa membuat sushi begitu susah. Padahal, membuat sushi nggak serumit yang dibayangkan, asalkan kamu mengetahui dasar-dasar membuatnya ya. Apa saja tahapannya?

Inibaru.id – Memiliki tampilan yang menarik dan rasa yang nikmat mulut merupakan ciri dari dari sushi. Ternyata membuat nggak susah-susah amat lo, Millens.

Sebastian Reno selaku owner dari restoran Jepang Orenji Sushi Semarang berbagi resepnya untuk kamu. Kunci besarnya adalah praktik. “Banyak latihan saja. Awal akan mletot-mletot (bergelombang), nanti akan biasa,” kata Reno yang juga warga asli Semarang ini.

Dasar membuat sushi dasar terpenting terletak pada nasinya. Pastikan nasi harus pada takaran yang pas ya. Ketika dicampur dengan cuka pun harus diperhatikan benar rasionya agar cita rasanya tetap gurih. Biasanya, nasi yang baik pada sushi bertekstur sedikit lengket.

Setelah yakin dengan rasio nasi, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan makisu alias alat untuk roll sushi yang telah dilapisi plastik biar nggak lengket. Lalu letakkan nori atau rumput laut dan taruh nasi di atasnya, ratakan. Letakkan pula ingredients sesuai selera. Semisal salmon, tuna, kyuri, atau lainnya.

Proses membuat topping di Orenji Sushi Semarang. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Tahap berikutnya, tinggal gulung saja. Lalu potong menggunakan pisau basah agar nasi nggak menempel. Untuk sentuhan terakhir, sajikan dengan sauce atau topping yang diinginkan. Misalnya mayonnaise, sauce teriyaki, atau bisa juga salmon lagi, tuna, atau lain-lain.

Untuk bentuk dan motifnya, bisa kamu bentuk sesuai dengan selera, lo. Pun dengan jenisnya, apakah pengin sushi matang atau mentah. Bentuk pun nggak melulu lingkaran atau kotak, kalau kamu bisa membentuk potongan sushi bentuk love juga makin romantis kok.

Namun, yang harus kamu perhatikan saat membat sushi, sushinya harus cepat dimakan ya! Agar cita rasa dan teksturnya nggak berubah. Apalagi sushi mentah. Jika kamu pengin mengirim sushi ke temanmu bisa kamu buat satu sampai dua jam sebelum dikirim. Pastikan juga temanmu langsung segera mengkonsumsi sushi buatanmu sebelum basi.

Kalau ingin bertahan lama, simpanlah di dalam kulkas. Jangan taruh di meja terlalu lama, sebab udara luar hingga pantulan sinar matahari membuat kualitas sushi menjadi menurun. Kamu juga bisa menyimpannya dalam kotak styrofoam berkualitas baik atau bisa dibungkus dengan plastik secara rapat. Pastikan nggak ada kelebihan air yang menimbulkan bakteri tuh.

Bagaimana? Gampang kan bikinnya? (Isma Swastiningrum/E05)