Tips agar Sale Pisang yang Kamu Buat Lebih Nikmat!

Tips agar Sale Pisang yang Kamu Buat Lebih Nikmat!
Sale pisang, kudapan manis khas Indonesia. (primarasa.co.id)

Buat kamu yang hobi masak sekaligus doyan ngemil, ini ada tips untuk membuat sale pisang dengan nikmat. Dijamin mudah kok, Millens! Yuk intip tipsnya!

Inibaru.id – Sale pisang merupakan salah satu jenis kudapan manis yang digandrungi masyarakat Indonesia. Rasanya yang khas dan teksturnya yang unik menjadikan makanan ini cocok buat kamu yang ngakunya pencinta manis. Nah, buat kamu yang pengin bikin sale pisang, coba deh tips ini agar sale pisang buatanmu lebih lezat.

1. Pastikan Kamu Nggak Salah Pilih Pisang

Pisang raja nangka, salah satu pisang yang cocok dijadikan sale. (instagram.com)

Oya Millens, ternyata nggak semua pisang bisa dibuat sale lo! Ada dua jenis pisang yang cocok buat dijadikan sale, yakni pisang raja nangka, pisang tanduk, dan pisang kapas! Jadi, jangan sembarangan ya? Haha.

2. Mau Basah atau Kering?

Yaps, pastikan dulu, kamu mau buat sale basah atau kering. Kalo mau yang basah, maka asaplah pisangmu dengan tepat. Untuk pengasapan sendiri ada dua cara. Pertama, diasap secara tradisional dengan asap kayu atau belerang. Kedua, diasap dengan natrium bisulfit.

Sale pisang basah. (bukalapak.com)

Nah, kalo kamu suka yang kering, jangan lupa buat iris pisangmu setipis mungkin. Setelah itu, jemur di bawah sinar matahari. Setelah kering, balut pisang dengan adonan tepung, lalu goreng deh!

Sale pisang kering. (www.sipendik.com)

Mudah, kan? Oya Millens, kualitas sale bisa dilihat dari rasa, warna, tingkat kekenyalan dan daya simpannya. Pisang sale kering yang nikmat, memiliki tekstur renyah dan rasa yang sedikit asam. Kalo pisang sale basah, rasa manisnya lebih kuat. Jadi, kalo kamu masuk tim basah atau kering, nih? (IB23/E05)