Tiga Rempah-Rempah Ini Harganya Mahal, lo!

Tiga Rempah-Rempah Ini Harganya Mahal, lo!
Jintan hitam (hellosehat.com)

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan rempah-rempah. Di antara banyaknya jenis-jenis rempah ini, terdapat beberapa jenis rempah yang harganya mahal, lo. Sudahkah kamu tahu apa saja rempah-rempah tersebut?

Inibaru.id – Rempah-rempah nggak hanya digunakan sebagai bumbu masak, namun juga perawatan kecantikan hingga produk kesehatan. Dengan segala manfaatnya, nggak heran rempah-rempah nyaris nggak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Menilik jenisnya, ada beberapa jenis rempah yang harganya mahal, lo! Tahukah kamu apa saja mereka?

Jintan

http://www.herbaloke.net/wp-content/uploads/2017/08/Manfaat-Habbatussauda.jpg

Harga jintan bisa mencapai sekitar Rp 500 ribuan, lo. (Herbaloke)

Jintan biasanya digunakan untuk menambah aroma serta memberi efek hangat dalam masakan. Rempah berwarna hitam ini banyak diproduksi di Maroko, India, Mesir, dan Iran. Bicara tentang harganya, jintan dihargai sebanyak Rp 534 ribu per 0,45 kilogram.

Vanili

http://2.bp.blogspot.com/-hVPAkdEiRXs/VnJucJii58I/AAAAAAAAEHI/dvk4PijKLHQ/s1600/vanili9.jpg

Harga vanili bisa mencapai Rp 9,8 juta per kilogram. (Myculture42.blogspot)

Jika kamu sedang membuat kue, vanili menjadi rempah yang nyaris nggak ketinggalan. Ya, rempah ini memang bikin harum aroma kuemu. Eh, harganya juga mahal, lo.

Per kilogram vanili bisa dihargai hingga Rp 9,8 juta. Madagaskar, Meksiko, dan Tahiti menjadi negara-negara pengekspor terbesar rempah ini.

Kuma-Kuma

https://mysaffronshop.com/wp-content/uploads/2019/03/web-12.jpg

Harga kuma-kuma bisa mencapai Rp 140 juta per kilogram. (mysaffronshop.com)

Kuma-kuma sering digunakan dalam pelbagai hidangan di Timur Tengah. Rempah ini digunakan sebagai pengharum aroma, pewarna alami makanan, hingga pewarna pakaian. Iran menjadi negara yang membudidayakan rempah ini dengan jumlah produksi terbanyak. O ya, per kilogram kuma-kuma bisa dijual dengan harga mencapai Rp 140 juta, lo.

Hm, sebagai negara berkembang, Indonesia memang mengandalkan sektor perkebunan sebagai salah satu sumber penghasilan.

Kamu yang mengaku mencintai negeri ini, sudah seharusnya turut pula andil memajukan sektor ini tanpa mengabaikan bidang-bidang lain. Yuk, majukan perkebunan Indonesia dengan membudidayakan rempah-rempah! (IB15/E03)