Tiga Faedah yang Kamu Rasakan Jika Mengonsumsi Tapai Ketan

Tiga Faedah yang Kamu Rasakan Jika Mengonsumsi Tapai Ketan
Tapai ketan. (Wildsumatra)

Nggak ada salahnya kamu rutin mengonsumsi tapai ketan. Sebab, di balik rasanya yang manis, ada kandungan zat yang baik buat tubuh.

Inibaru.id - Membayangkan makan tapai ketan dingin di kala cuaca sedang panas-panasnya barangkali bakal membuatmu menelan ludah. Apalagi jika manis legitnya tapai ketan dipadu dengan es kelapa muda, es campur, atau es doger, pastilah tambah segar.

Namun, pernah nggak seseorang melarangmu untuk makan tapai ketan terlalu banyak karena meyakini makanan ini mengandung banyak alkohol? Hm, jika kamu penggemar makanan khas Betawi ini, nggak perlu teramat risau, ya.

Tapai ketan dalam bungkus daun pisang. (Resepdanmasakan)

Tapai ketan adalah hasil fermentasi beras ketan yang sebelumnya mendapat campuran ragi lalu didiamkan beberapa hari. Hasil fermentasi berupa kandungan alkohol inilah yang bikin beras ketan terasa manis menyegarkan. Meski begitu, kadar alkohol tapai ketan nggak terlalu tinggi, kok, yaitu hanya tiga persen per volume.

Alih-alih berbahaya, mengonsumsi tapai ketan justru mendatangkan banyak manfaat. Dilansir dari Viva.co.id (9/3/2018), pakar gizi dr Ida Gunawan MS SpGK menjelaskan beberapa manfaat tapai ketan. Berikut beberapa di antaranya.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tapai ketan mempunyai kadar probiotik yang baik bagi pencernaan. Semakin banyak probiotik yang masuk dalam tubuh dan bertahan hidup, maka kekebalan tubuh akan lebih baik.

Dalam sebuah penelitian, ditemukan fakta satu mililiter kadar air tapai ketan mengandung satu juta mikroorganisme asam laktat. Namun, saat masuk ke dalam tubuh, mikroorganisme itu ada yang hidup dan ada yang mati sebab hal-hal yang terjadi di sistem pencernaan, misalnya terkena asam lambung. 

Mencegah Kanker

Probiotik dalam tapai ketan yang menjaga saluran cerna juga mampu menjaga tubuh dan mengurangi risiko kanker. Eits, tapi jangan terlalu berlebihan mengonsumsinya ya, Millens! Tapai ketan yang terlalu banyak juga nggak baik buat tubuh terutama bagi penderita gastritis (peradangan dinding lambung).

Menguatkan Tulang

Tapai ketan mempunyai kadar fosfor yang tinggi yakni mencapai 106 ml. Makanan yang mengandung fosfor dan mineral yang tinggi, bagus untuk pembentukan tulang dan gigi.

Itu dia beberapa manfaat dari tapai ketan. Jadi, mulai sekarang, nyetok tapai ketan di kulkas, yuk! He-he. (IB20/E04)