Kriuk-Kriuk Si Rempeyek Yutuk dan Tiga Camilan Lain yang Harus Kamu Cicipi di Cilacap!

Kriuk-Kriuk Si Rempeyek Yutuk dan Tiga Camilan Lain yang Harus Kamu Cicipi di Cilacap!
Rempeyek yutuk. (Negerikuindonesia)

Jika brekecek dan sate martawi cocok untuk makan besar, penganan-penganan kriuk ini cocok untuk kamu bawa pulang atau camil di jalan selama berwisata ke Cilacap.

Inibaru.id – Tak hanya kaya akan hidangan mengenyangkan dengan rasa gurih-asin seperti brekecek dan martawi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, juga dikenal dengan penganan ringannya yang enak dicamil sambil jalan-jalan di sana.

Berada di wilayah pesisir selatan, kabupaten yang berada di ujung barat bagian selatan Jateng itu dikenal dengan olahan lautnya yang enak. Lokasinya yang berdekatan dengan Banyumas juga membuat kuliner Cilacap menyerupai masakan di sana, seperti tempe gembus, dengan nama dan bahan berbeda, tentu saja.

Nah, saat kamu berkunjung ke Cilacap, nggak ada salahnya, lo, mencicipi pelbagai camilan yang bisa kamu makan sembari berwisata ke kabupaten yang dikenal dengan Nusakambangan-nya ini. Apa saja?

Rempeyek Yutuk

https://cdn.akurat.co/images/uploads/akurat_20170424_JW7D93.jpg

Rempeyek yutuk. (Akurat)

Yutuk adalah undur-undur laut. Hewan ini biasanya ditemukan di pasir berwarna hitam atau yang mengandung besi. Yutuk memiliki kandungan gizi yang tinggi, nggak heran jika hewan ini digunakan sebagai campuran adonan.

Kalau kamu pengin mencicipi renyahnya rempeyek yutuk, harganya murah, lo. Sebungkus rempeye yutuk biasanya dijual sekitar Rp 7.000–10.000 saja.

Tempe Dages

https://2.bp.blogspot.com/-ZEtDiShiwS0/WidjGHbLx-I/AAAAAAAABlE/4Z1mr6NNQNoe5cAVgaovFTeaWAEcrCiTwCLcBGAs/s640/dages.png

Tempe dages biasanya berwarna putih kehitaman. (Aldinnerozz.blogspot)

Tempe dages adalah mendoannya Cilacap. Namun, berbeda dengan mendoan Banyumas yang berbahan dasar tempe kedelai, tempe deges berbahan ampas tahu yang difermentasi. Kendati kurang bergizi, tempe deges banyak diminati, terlebih saat disantap hangat-hangat.

Martabak Tempe

Martabak tempe khas Cilacap. (aldinnerozz.blogspot.com)

Makanan lain yang gurih dan enak adalah martabak tempe. Lantaran menggunakan tempe sebagai isiannya, saat menyantap makanan ini, lidahmu akan merasakan serat kasar. Bagi penggemar tempe, martabak ini tentu harus kamu cicipi jika ke Cilacap.

Gembus

https://4.bp.blogspot.com/-mYr-7a6iHyM/WvJWqStXwWI/AAAAAAAAAHM/qXL6Miwhp9AQVrNfzWoKnr6deNd4fXhTgCLcBGAs/s1600/gembus.jpg

Bentuk gembus mirip donat. (makandimana.net)

Jika di Semarang deges disebut gembus, tidak demikian dengan Cilacap. Di sana, gembus adalah makanan berbentuk mirip donat yang terbuat dari singkong dan telur. Bagi kamu yang pengin mencicipi rasanya, gembus banyak dijual di alun-alun. Rasanya? Hm, gurih dan bikin nagih.

Selain empat makanan tersebut, Cilacap masih memiliki makanan dan minuman yang sebaiknya kamu eksplor. Makanan-makanan dengan rasa yang khas itu bukan nggak mungkin bikin kamu kangen mengunjungi kabupaten ini lagi.

Hm, sebelum berwisata kuliner, siapkan dulu bujetnya ya. Kalau bisa, review pula di blog atau vlogmu supaya kuliner Cilacap makin dilirik. He-he. (IB15/E03)