Ternyata, Tempe Sebaiknya Nggak Digoreng, Apa Alasannya?

Ternyata, Tempe Sebaiknya Nggak Digoreng, Apa Alasannya?
Tempe sebaiknya nggak digoreng. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Tempe goreng mudah untuk diolah dan rasanya enak. Tapi cara pengolahan ini ternyata nggak direkomendasikan, Millens. Apa alasannya, ya?

Inibaru.id – Siapa sih yang nggak kenal dengan tempe? Bagi orang Indonesia, tempe telah menjadi salah satu lauk yang paling sering dikonsumsi. Nggak hanya enak dan bisa diolah menjadi berbagai macam makanan, tempe juga dikenal memiliki nilai gizi yang tinggi. Masalahnya, cara pengolahan tempe yang sering kita lakukan ternyata nggak tepat, lo.

Realitanya, kita lebih suka menikmati tempe goreng yang renyah atau tempe yang diberi tambahan tepung seperti mendoan yang nikmat untuk dijadikan camilan atau lauk. Ternyata, menggoreng tempe bisa membuat kandungan gizinya rusak, Millens.

Hal ini diungkap oleh Made Astawan, Ketua Forum Tempe Indonesia. Laki-laki yang juga dikenal sebagai Guru Besar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor ini menyarankan kita untuk lebih memperhatikan cara memasak tempe agar bisa menikmati sekaligus mendapatkan manfaatnya dengan maksimal.

Meski terlihat seperti benda mati, tempe ternyata memiliki mahluk hidup, yakni prebiotik. Mahluk ini sejenis mikroba bernama bakteri asam laktat yang biasa ditemukan di dalam yoghurt. Hanya, kandungan bakteri baik ini jauh lebih banyak di dalam tempe.

Tempe memiliki kandungan bakteri baik. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Tempe memiliki kandungan bakteri baik. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kalau kamu sembarangan memasak tempe, bakteri baik ini bisa rusak atau mati. Sebagai contoh, kalau kamu menggorengnya dengan minyak panas, tentu akan membuat bakteri ini mati dan kita pun nggak mendapatkan manfaatnya bagi pencernaan.

“Kalau digoreng dalam minyak goreng biasa yang tinggi lemak jenuh, manfaatnya akan berkurang,” ucap Astawan.

Lantas, seperti apa cara memasak tempe yang lebih baik? Astawan menyarankan tempe untuk dikukus, dibakar, atau dipanggang. Tapi, pastikan bahwa tempe berada dalam kondisi higienis sebelum diolah. Selain itu, kamu juga bisa membuatnya menjadi jus yang dicampur dengan buah. Cara ini justru membuat kandungan nutrisinya tetap terjaga dan memberikan manfaat paling besar bagi tubuh.

Kalau kamu memasak tempe, sebaiknya juga nggak diberi tambahan MSG karena di dalam tempe sebenarnya sudah ada MSG alami yang membuatnya memiliki rasa yang enak.

Jadi, sudah tahu kan Millens cara paling sehat untuk mengolah tempe? Kalau kamu, paling suka tempe diapain nih? (Kom/IB09/E05)