Terkenal Lebih dari Setengah Abad; Kupat Tahu Batoar Asal Temanggung

Terkenal Lebih dari Setengah Abad; Kupat Tahu Batoar Asal Temanggung
Kupat tahu batoar. (Instagram/jajantemanggung)

Berbeda dengan kupat tahu Magelang atau Solo, kupat tahu batoar asal Temanggung menggunakan saus kacang yang biasanya lebih kental dengan bumbu yang lebih kuat.

Inibaru.id – Berkunjung ke Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, jangan sampai melewatkan menu kuliner yang satu ini. Kupat Tahu Batoar namanya. Kamu mungkin pernah menjumpai makanan ini di Magelang atau Solo. Namun, kupat tahu yang satu ini cukup berbeda!

Perbedaan mendasar terletak pada isian dan racikan bumbunya. Seporsi kupat tahu batoar terdiri atas tahu putih goreng, potongan ketupat, potongan kubis putih mentah, taoge rebus, dan potongan bakwan goreng. Bahan-bahan tersebut kemudian disiram dengan bumbu kacang kental, kecap manis, dan taburan bawang goreng.

Kupat tahu batoar. (Instagram/imam_amunisi)

Kupat tahu batoar memiliki rasa yang kuat karena bumbu kacangnya yang kental. Sambal kacangnya terbuat dari kacang goreng, bawang merah, bawang putih, cabai merah, serta asam Jawa yang dicairkan. Bahan-bahan tersebut kemudian disatukan hingga menjadi saus kental.

Lebih dari Setengah Abad

Kupat tahu batoar sudah dikenal masyarakat Temanggung sejak lebih dari 50 tahun lalu. Dulu, kupat tahu ini dijual di samping Rumah Potong Hewan (RPH) Abatoir. Nah, inilah yang menjadi ihwal penamaan "batoar".

Saat ini, kupat tahu batoar dijajakan di Jalan Gilingsari, Pandean, Temanggung, tepatnya di belokan sebelum jembatan Gilingsari. Lokasinya berjarak sekitar 50 meter dari alun-alun kota. Warung tersebut buka mulai pukul 08.00–19.00 WIB.

Kupat tahu batoar. (Instagram/jajantemanggung)

Seporsi kupat tahu batoar dibanderol sekitar Rp 10 ribu saja. Murah dan bikin kenyang lo! Selain menjual tahu kupat, mereka juga menyediakan camilan pelengkap seperti tempe, bakwan, dan misoa goreng. Untuk minumnya, cobalah menu spesial mereka, yakni wedang tape ketan.

Selain kupat tahu batoar, Temanggung juga masih memiliki kupat tahu tarom dan kupat tahu mungseng yang perlu kamu coba. Jangan ragu mencoba dan rasakan perbedaannya! (IB07/E03)